Beranda REGIONAL JUMPA NAGARI DI KAB. PASBAR, BERSILATURAHMI SAMBIL BERBAGI

JUMPA NAGARI DI KAB. PASBAR, BERSILATURAHMI SAMBIL BERBAGI

695
0
B bersama-sama mengunjungi rumah warga yang akan mendapat bantuan

KopiPagi| PASBAR : Jumat Layanan Terintegrasi ke Nagari bersama Forkopimca, Dinas Instansi dan Pemerintah Nagari se Kecamatan Gunung Tuleh serta PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar yang kali ini dipusatkan kegiatannya di Kejorongan Bulu Laga Nagari Persiapan Seberang Kenaikan Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasbar Sumbar, Jumat pagi (19/02/2021).

Kegiatan Jumpa Nagari seperti biasa dilaksanakan dengan program rutin berupa Jemput Bola dan Pelayanan Terpadu Kecamatan (Jempol Paten), Silaturahmi dan berbagi Informasi dengan masyarakat (Sibima), serta Sedekah Bareng Sepuluh ribu / bulan ( Sebar Seru). Demikian antara lain disampaikan oleh Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan,S.IP.M.SI.

Hadir dalam Jumpa Nagari, Kapolsek Gunung Tuleh, AKP. Mulyadi,SH. Koramil/06 Ujung Gading, Kapten Inf.AD. Abdul Kadir dan Kepala KUA Gunung Tuleh, Jufri,SS.MA. serta Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Gunung Tuleh, Edi Holomoan, S.Ag. juga Ketua PerkumpulAn Jurnalis Online ( AJO ) Randy.

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan sudah berjalan selama dua puluh bulan secara bergilir, di mana semua Kejorongan yang berjumlah 20 jorong setiap bulannya di minggu ke tiga mendapat giliran sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Kebetulan kegiatan jumpa nagari kali ini adalah pertemuan yang ke dua puluh pada putaran pertama, yakni merupakan pertemuan terakhir pada putaran pertama.

. Forkopinca foto bersama dengan tim kesehatan

“Kegiatan Jumpa Nagari ke dua puluh di Kejorongan Bulu Laga ini adalah Jumpa Nagari penutup untuk putaran pertama dan selanjutnya bulan depan kegiatan ini akan kembali ke putaran kedua di kejorongan Bandar,” terang Randy.

Berdasarkan pantauan PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar, ternyata Forkopinca Gunung Tuleh memiliki cara tersendiri untuk berbagi, yaitu setiap Jumat minggu ke tiga seluruh Forkopinca hadir bersama untuk berbagi dengan agenda kegiatan yang bertema Jumpa Nagari, yakni melaksanakan kegiatan seperti Jempol Paten, dan Sibima dan serta Sebar Seru.

Menurutnya, selain bernilai ukhrawi (keakhiratan), di dalam sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong tambahnya.

“Apa lagi di masa pandemi Covid-19, semangat untuk menebarkan gerakan bersedekah, meski di lingkup kecil perlu terus kita gaungkan,” terangnya

Kapolsek Gunung Tuleh, Mulyadi menambahkan bahwa seiring dengan itu, kegiatan jumpa nagari ini selain faktor keamanan, kesehatan, dampak sosial-ekonomi di dalamnya juga tak terelakkan tercipta kerukunan dan kebersamaan, melalui kegiatan ini tentu mampu membangkitkan kebersamaan dalam menciptakan persatuan.

Ketua Pembina AJO Pasbar, Drs.H.Baharuddin, R.MM. yang didampingi oleh Ketua AJO, M.Fadli Nasution mengapresiasi kegiatan Jumpa Nagari sambil berbagi ini. Menurut Inyiak sapaan akrab Ketua Pembina AJO ini, kegiatan seperti Jumpa Nagari ini sudah seharusnya kecamatan lain dapat melaksanakan dan mengembangkannya. Sebab, kegiatan yang dilaksanakan satu bulan sekali secara bergilir di setiap Kejorongan yang ada di Kecamatan  Gunung Tuleh pada hari Jum’at minggu ke tiga setiap bulannya ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Pembina AJO Pasbar (berbaju putih) foto bersama dengan Forkopinca

Menurut Baharuddin yang juga Ketua Komisi Tiga DPRD Pasbar ini mengatakan,  kegiatan berbagi sebagai salah satu jalan dalam meringankan warga yang terdampak terpuruknya ekonomi karena kehilangan pekerjaan di era pandemi saat ini.

Mantan Bupati dua priode ini juga menyampaikan, di masa sulit ini, ia tetap bersyukur sebab adanya pandemi ini ternyata mampu menumbuhkan solidaritas dan kepedulian sosial, dari berbagai pihak.

“Saya mengajak Instansi, perusahaan dan masyarakat yang mampu untuk peduli dan ikut membantu sesama dengan menjalin kerja sama melalui lembaga sosial lainnya yang bergerak untuk kemanusiaan, atau bisa juga bekerja sama dengan gerakan PerkumpulAn Jurnalis Online ( AJO) Pasbar ini. Sebab, kita harapkan kegiatan berbagi seperti ini akan dapat terus berkembang, terutama dalam situasi dihadapkan pada tantangan pandemi saat ini, bila kita melakukannya secara bersama, tentu bisa, di samping itu masyarakat akan merasa bahwa pemerintah ternyata juga selalu ada untuk mereka,” paparnya.  Zoelnasti/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here