Beranda REGIONAL Satlantas Polres Semarang Siap Dukung Penerapan Tilang Sistem ETLE

Satlantas Polres Semarang Siap Dukung Penerapan Tilang Sistem ETLE

80
0
Kasat Lantas Polres Semarang AKP Muhammad Adiel Aristo.

KopiPagi | UNGARAN : Kasat Lantas Polres Semarang AKP Muhammad Adiel Aristo menyatakan di wilayah Kabupaten Semarang ini telah terpasang sebanyak 15 kamera CCTV, yang tujuannya untuk mendukung penerapan sistem Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) khususnya dalam penindakan lalu lintas.

“Untuk pelaksanaan uji coba ETLE ini, dilakukan di dekat SMK Assalamah Ungaran, Kabupaten Semarang. Selain itu, di Alun-alun Lama Ungaran serta perempatan Polsek Bergas. Harapannya, penerapannya dapat sesuai jadwal. Sistem ETLE sesuai dengan visi Kapolri dan kami telah siapkan aplikasi berbasis android bernama ASIAP yang dapat dipakai memfoto para pelanggar serta untuk mendeteksi lokasinya,” terang AKP Muhammad Adiel Aristo kepada wartawan di Ungaran, Senin (15/02/2021).

 Disamping itu, dengan dimulainya penerapan tersebut maka pihak Dishub Kabupaten Semarang bakal menambah jumlah kamera CCTV di dekat terminal Sisemut Ungaran. Sekarang ini, pihaknya masih gencar melaksanakan sosialisasi. Nantinya, untuk masyarakat yang mendapatkaan tilang sistem ETLE ini,  ketika melanggar lalu lintas akan dikirimkan blanko pelanggaran pada Samsat di mana data kendaraan itu tercatat.

“Untuk tagihan tilang dapat dibayar melalui Bank BRI dan apabila para pelanggar tidak mau bayar denda maka data kendaraan tersebut akan diblokir. Sementara, batas pembayaran tilang tidak akan berlaku namun batas jadwal persidangan maksimal dua minggu. Selain itu, aplikasi ASIAP yang dibuat ini, tidak harus kontak dengan pelanggar. Kami sangat berharap tidak akan ada penyimpangan,” tandasnya. ***

 Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here