Beranda LIFE Pertama 2021 : UPH Surabaya & Lion Air Group Laksanakan Program Sosial

Pertama 2021 : UPH Surabaya & Lion Air Group Laksanakan Program Sosial

61
0
Pemberian bantuan sembako di Banjarmasin.

“Sinergi Sektor Pendidikan dan Penerbangan dalam Meningkatkan Pengabdian dan Kepedulian Terhadap Lingkungan Sekitar”

KopiPagi | SURABAYA : Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya melalui acara Management Outreach Program (MOP) 2021 bersama Lion Air Group telah melaksanakan rangkaian kalender kegiatan sosial secara bersamaan (serentak) di 8 (delapan) kota, yakni Surabaya, Kediri, Blitar, Pasuran, Bali, Lombok, Banjarmasin dan Manado.

Management Outreach Program 2021 adalah pertama dijalankan menggunakan mekanisme:

  1. Mengangkat tema kolaborasi (partnership)dengan dunia industri sebagai bagian agenda terjadwal bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sinergitas bersama Lion Air Group ialah fokus menggabungkan sektor pendidikan dengan penerbangan (transportasi udara) terhadap kepedulian lingkungan sekitar.
  2. Dimulai dari lingkungan terdekat. UPH memiliki kampus di Surabaya dan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo merupakah salah satu basis operasi terbesar Lion Air Group.
  3. Penggalangan dana (open donation)dalam jaringan atau online. Penghimpunan untuk sumbangan mencapai Rp. 12.633.814 (Dua Belas Juta Enam Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Delapan Ratus Empat Belas Rupiah)
  4. Pemilihan angka “8” pada 8 Februari – 8 penanggung jawab – 8 kota – 80 paket. Hal ini memiliki makna “saling berkesinambungan – agar tidak pernah putus” dalam hal senantiasa memiliki jiwa sosial, saling mendukung antarsesama serta memperkuat kerjasama antarindustri.
  5. Berbagai informasi dalam seminar daring (webinar) MOP x Management Day yang mengusung tema “kebaikan untuk kebahagiaan”, rencana pada 27 Februari 2021.

MOP 2021 UPH Kampus Surabaya dan Lion Air Group dilakukan dari inspirasi momentum bertepatan hari-hari penting pada Februari 2021, yakni:

  1. Hari Pers Nasional – 9 Februari : Strategi pembelajaran kepada mahasiswa tentang pentingnya lembaga pers kampus, perusahaan pers (media), peran kehumasan dalam kaitan penyebaran informasi (publikasi) untuk kalangan internal dan menyampaikan materi (berita, foto, video) kepada masyarakat (publik) secara tepat.
  2. Hari Raya Imlek – 12 Februari : Menekankan rasa toleransi dalam keberagaman hidup bermasyarakat.
  3. Hari Gizi Nasional – 28 Februari : Upaya membantu dengan memberikan kebutuhan pokok (paket sembako) kepada sesama dalam rangka mendukung kesehatan serta protokol kesehatan.

Kegiatan terbagi dalam 3 (tiga) kategori meliputi kunjungan langsung, rincian pelaksanaan sebagai berikut:

  1. Kunjungan ke yayasan sosial dan yang membutuhkan: Manado
  2. Membantu sesama terdampak bencana banjir: Banjarmasin
  3. Memberikan kepada golongan masyarakat yang benar-benar membutuhkan: Surabaya, Kediri, Blitar, Pasuran, Bali dan Lombok
Pemberian bantuan sembako di Pasuruan.

Rangkaian aktivitas program sosial khusus bantuan tunai dan sembako tetap berpedoman pada protokol kesehatan mencakup yang dilakukan oleh perwakilan penanggungjawab di 8 kota, Richardo Evan Wongharyono (Manado); Jason Yakobus (Banjarmasin); Angeline Kristika (Kediri); Kezia Marmina Kentas (Blitar); Made Dwi Satria Indranatha (Lombok); Yeremia Matthew (Bali); Nancy Chiarouven (Surabaya) dan Classio Ady Wahyu Poernomo (Pasuruan).

Executive Director UPH Kampus Surabaya, Dr. Ronald Suryaputra, ST., MM., CSMA, CDM, PMA mengatakan, “Atas nama civitas akademika Universitas Pelita Harapan Kampus Surabaya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan pihak Lion Air Group dalam membantu program perdana di 2021 Management Outreach Program (MOP) atau pengabdian kepada masyarakat di 8 kota. Harapan utama, akan membantu saudara-saudara (sesama) yang tengah membutuhkan.”

Menurut Ronald, “Bentuk kegiatan MOP 2021 semakin memberikan nilai lebih kepada kalangan mahasiswa UPH Kampus Surabaya seiring peningkatan kegiatan pembelajaran berbasis praktikum, yakni sinergi kampus dengan Lion Air Group, yayasan sosial serta masyarakat yang tertuju. Selain itu, lebih membentuk inisiasi-inisiasi positif guna meningkatkan keterampilan, pengalaman, koordinasi serta komunikasi di tengah situasi saat ini. Harapan mendatang, bisa terlaksana dengan agenda-agenda lainnya serupa.”

Pada kesempatan yang sama, Corproate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, “Lion Air Group mengapresiasi MOP 2021 dan berterima kasih kepada Universitas Pelita Harapan Kampus Surabaya serta internal Lion Air Group sehingga agenda pertama program sosial di 8 kota dapat terlaksana dengan baik dan tepat. Semoga kerjasama seperti ini akan terus berlanjut dalam berbagai aktivitas.”

Lebih lanjut menurut Danang, “Peran Lion Air Group dengan UPH Kampus Surabaya akan menjadi salah satu contoh kegiatan (pilot project) yang menyediakan ruang bagi kalangan akademisi untuk terlibat secara mendalam di kegiatan sosial seperti tanggap untuk membantu dampak bencana, kunjungan ke yayasan dan membantu kepada sesama yang lebih membutuhkan. Sangat penting bagi pelaku di industri penerbangan dan pendidikan semakin mengenal dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.” *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here