Beranda PERISTIWA Erupsi Gunung Raung : Lion Air Masih Tunda Penerbangan di Bandara Banyuwangi

Erupsi Gunung Raung : Lion Air Masih Tunda Penerbangan di Bandara Banyuwangi

40
0
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro

KopiPagi | BANYUWANGI : Gunung Raung yang terletak di ujung Timur Pulau Jawa, hingga kini masih terbatuk-batuk alias erupsi. Gunung berapi kerucut yang berada di kawasan komplek pegunungan Ijen. Secara adimistratif gunung aktif ini masuk wilayah Kabupaten Besuki, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi Jawa Timur. Erupsi ini tentu akan mengganggu dan membahakan penerbangan di daerah-daerah yang berpotensi terdanpak.  

Untuk mengantisipasi keselamatan penerbangan, Otoritas Bandar Udara Internasional Banyuwangi yang terletak di Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur ini mengumumkan untuk sementara waktu menutup operasional bandara pada Rabu, 10 Februari 2021 mulai pukul 06.45 hingga pukul 12.00 WIB.

Demikian halnya Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menginfornasikan bahwa Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group juga melakukan pembatalan penerbangan (cancel flight) hari ini, Rabu (10/02/2021).

Cancel Fight tersebut atas dasar pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) No. B0203/21 NOTAMN bahwa operasional Bandar Udara Internasional Banyuwangi di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (BWX) ditutup sementara pada Rabu, 10 Februari 2021 pukul 06.45 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) hingga 13.00 WIB.

Penutupan bandar udara, lanjut Danang, adalah dampak dari erupsi dan aktivitas Gunung Raung. Sebagai informasi penting, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak struktur/ komponen pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan.

Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), layanan penerbangan Lion Air Group mengalami pembatalan (cancel flight) hari ini (10/02/2021) terdiri dari:

Kedatangan di Bandar Udara Internasional Banyuwangi:

  1. Wings Air penerbangan IW-1880 pukul 09.00 WIB dari Surabaya.
  2. Batik Air penerbangan ID-6590 pukul 10.00 WIB dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.
  3. Lion Air penerbangan JT-594 pukul 06.25 WIB dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Banyuwangi:

  1. Wings Air penerbangan IW-1881 pukul 10.10 WIB tujuan Surabaya.
  2. Batik Air penerbangan ID-6591 pukul 12.20 WIB tujuan Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.
  3. Lion Air penerbangan JT-593 pukul 09.00 WIB tujuan Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

Lion Air Group telah memberikan informasi kepada seluruh penumpang (tamu) yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan.

Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Lion Air Group memberikan solusi kepada seluruh penumpang yang terkena dampak, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan  (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku.

Lion Air Group selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan (safety first) sehingga dampak yang kemungkinan timbul dari kondisi tersebut dapat diminimalisir dan diantisipasi sedini mungkin (lebih awal).

Lion Air Group bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara setempat serta pihak lain yang terkait.

Operasional penerbangan Lion Air Group akan menyesuaikan (melayani atau terbang kembali) menurut keputusan otoritas bandar udara dan bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here