Beranda PERISTIWA Bus Rombongan ASN Kab. Agam Masuk Jurang di Jalinsum Kab. Madina

Bus Rombongan ASN Kab. Agam Masuk Jurang di Jalinsum Kab. Madina

1075
0
Bus rombingan OPD ASN Kabupaten Agam yang masuk kem jurang di daerah Kabupaten Madina Sumut.

Kadis Kominfo Kabupaten Agam, Fauzan H. Huta Suhut S.Sos MAP dan David (supir) dikabarkan meninggal dunia di TKP, 11 luka berat. 

KopiPagi | SUMBAR : Bus yang mengangkut rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas ) tunggal, Senin (08/02/2021) pukul 12.30 WIB. Bus tersebut masuk jurang sedalam 10 meter di Jalinsun Desa Lumban Pasir Kecamatan Tambangan Kabupatem Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut).

Kecelakaan tunggal bus pariwisata dengan nomor polisi BA 7015 OA membawa 17 orang penumpang rombongan OPD ASN Pemkab Agam Sumbar, yang bertugas kunjungan kerja ke Banda Aceh. Dalam musibah kecelakaan ini 2 orang dilaporkan meninggal dunia di tempat kejadian (TKP), 3 luka bderat, 11 luka sedang dan 1 orang luka ringan.

Adapun nama-nama korban yang meninggal dunia: Fauzan H. Huta Suhut S.Sos MAP (Kadis Kominfo Kabupaten Agam) dan David (supir). Sedang korban yang luka berat masing-masing Aryati S.sos M.si (Kadis Perdagangan Kab. Agam), Fatimah S.sos M.si. (Kadis Tenaga Kerja Kab.Agam), Ermanto S.pi, M.si (Kadis Perikanan Kab. Agam).

Staf Ahli Bupati Agam, Isman mengatakan pada koranpagionline.com Sumbar, sesuai informasi salah seorang yang selamat, bahwa kecelakaan tunggal tersebut terjadi saat rombongan mereka pulang dari kegiatan kunjungan kerja (Kunker) di Kota Banda Aceh menuju ke daerah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Namun pada saat tiba di daerah Jalinsum Desa Lumban Pasir Kecamatan Tambangan Kabupaten Madina Sumut, diduga supir bus mengantuk hingga menabrak jembatan yang ada di sebelah kiri.

Saat Bus menabrak jembatan, supir tidak bisa mengendalikan kendaraan sehingga bus menembus pembatas jembatan dan terjun ke aliran sungai Parlangkitangan dengan kedalaman lebih kurang 10 meter.

“Benar, telah terjadi kecelakaan. Sebab saya ada juga berada dalam rombongan itu,” katanya saat dihubungi via selulernya.

Sementara saat dikonfirmasi lebih lanjut kronologis kejadian, Isman mengatakan, ia tidak mengetahui bagaimana persis kejadiannya demikian juga kondisi korban saat ini.

“Saya tidak tahu kondisi rekan lain saat ini, saya juga sedang menuju rumah sakit,” ujarnya.

Bus rombongan ASN Kab. Agam sepulang Kunker di Banda Aceh masuk jurang di Jalinsun Kab. Madina.

Menurut keterangan yang dihimpun KopiPagi Sumbar, kejadian kecelakaan tersebut sempat diketahui oleh warga yang sedang berada di daerah persawahan. Warga tersebut mendengar suara benturan cukup keras di sekitar jembatan. Setelah diperiksa  ternyata ada bus yang jatuh ke sungai..

Warga yang tinggal tidak jauh dari TKP segera berdatamgan untuk memberikan pertolongan dan dibantu oleh anggota Babinsa Koramil 14/KTN. Akhirnya semua korban berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke Puskesmas Kotanopan dan RSUD Panyabungan untuk dilakukan pertolongan pertama.

Sedangkan tindak lanjut kejadian kecelakaan tunggal saat ini sudah dalam penanganan pihak Polsek Kota Nopan untuk melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan. Sedangkan kerangka bus nahas yang jatuh ke sungai masih dilakukan usaha untuk penarikan ke atas badan jalan.

Sementara itu Bupati Agam, Indra Catri saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini sejumlah korban Bus Pariwisata yang masuk jurang sudah dirujuk ke Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi Sumatera Barat. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here