Beranda PERISTIWA Kapolsek Bungursari Imbau Warga untuk Waspada Bencana di Musim Hujan

Kapolsek Bungursari Imbau Warga untuk Waspada Bencana di Musim Hujan

38
0
Personil Polsek Bungursari turun langsung ke TKP tanah longsor.

KopiPagi | PURWAKARTA : Intensitas hujan yang cukup lebat mengakibatkan tanah Longsor di Perum Pesona Jati Indah yang berlokasi di Blok B 12 RT.014/RW.005 Desa Cibungur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Minggu (07/02/2021) siang.

Hari itu wilayah Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya diguyur hujan cukup deras hingga mengakibat tanah longsor. Kendati tidak ada korban jiwa, namun tak urung ada rumah yang berada di sudut paling pinggir terkena dampak tanah longsor dan mengalami kerusakan di bagian tembok ruang tamu. Saat itu juga dengan dibantu warga setempat dilakukan pembersihan.

Mengetahui hal tersebut, Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Agus Wahyudin, bersama unsur TNI, petugas BPBD Kabupaten Purwakarta, dan personel Polsek Bungursari turun langsung mengecek ke lokasi tanah longsor.

Menurut Kapolsek Bungursari Kompol H. Agus, pihaknya mendapat informasi tanah longsor dari masyarakat hari Minggu (07/02/2021) sekira pukul 11.00 Wib, yang mengabarkan telah terjadi longsor di Perum Pesona Jati Indah. Guna pastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut dan klarifikasi keadaan yang sebenarnya, segenap personil diterjunkan ke lokasi kejadian (TKP.

Dijelaskannya, bahwa longsor yang terjadi di Perum Pesona Jati Indah tersebut disebabkan akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu malam hingga Minggu pagi.

“Tanah longsor terjadi akibat faktor alam berupa hujan intensitas lebat terus menerus hingga mengakibatkan turap penahan tanah terkikis dan longsor dan menimpa rumah di sekitarnya,” paparnya.

Akibat longsoran tanah tersebut, sambung dia, mengakibatkan bangunan rumah di bawahnya mengalami kerusakan pada tembok ruang tamu.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materi akibat longsor itu kurang lebih Rp10 Juta rupiah,” terang perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Pasca kejadian itu, Kapolsek Bungursari, menghimbau masyarakat untuk selalu tanggap bencana di musim penghujan terutama di daerah rawan longsor dan segera dikoordinasikan dengan lintas sektor.

“Kita selalu ingatkan kepada warga untuk waspada dan berhati-hati saat hujan deras turun hal ini untuk mencegah adanya korban apabila terjadi tanah longsor. Pasalnya ancaman tanah longsor mengintai,” pesan H. Agus. *Yana/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here