Beranda REGIONAL Sikapi Cuaca Ekstrem : DPD Partai Gerindra Jateng Dirikan Dapur Umum

Sikapi Cuaca Ekstrem : DPD Partai Gerindra Jateng Dirikan Dapur Umum

72
0

KopiPagi | SEMARANG : DPD Partai Gerindra Jawa Tengah mendirikan dapur umum di Kantor Jalan Kanguru Raya No 12 Kota Semarang. Dapur umum ini untuk menyikapi munculnya cuaca ekstrem serta banyaknya bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Jawa Tengah. Bahkan, DPD Partai Gerindra Jateng memutuskan menunda acara peringatan HUT ke 13.

Dapur umum yang dibuat DPD Partai Gerindra Jawa Tengah di Semarang. (Foto IST)

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputro menyatakan, bahwa sejak Sabtu (06/02/2021), DPD Partai Gerindra Jateng mendirikan dapur umum dan langkah ini dilakukannya secara spontan sesuai instruksi dari Ketua DPD Partai Gerindra Jateng H Abdul Wachid usai rapat virtual bersama DPP dalam rangka HUT ke 13.

“Menyikapi cuaca ekstrem dan banyaknya bencana banjir serta tanah longsor di berbagai kabupaten/kota di Jateng ini, pihaknya memutuskan menunda pelaksanaan resepsi HUT ke 13 Partai Gerindra tingkat Jateng. Rencananya kegiatan itu digelar pada Senin (08/02/2021) namun akhirrnya disepakati ditunda pada Minggu (14/02/2021) mendatang,” kata Sriyanto Saputro dalam rilisnya yang diterima koranpagionline.com, Sabtu (06/02/2021).

Ditambahkan, terkait dengan cuaca ekstrem akhir-akhir ini serta banyaknya musibah banjir dan tanah longsor di beberapa kabupaten/kota di Jateng, pihaknya memutuskan untuk menunda kegiatan partai yang bersifat seremoni. Bahkan, kegiatan yang langsung dilaksanakan adalah mendirikan dan membuka dapur umum di kantor partai.

Selain itu, berkaitan dengan HUT Partai Gerindra, DPD dan DPC Partai Gerindra se Jateng telah mengikuti acara virtual bersama DPP yang dipusatkan di Hambalang. Selain itu, dikukuhkan juga Pengurus DPP Partai Gerindra 2020-2025 oleh Ketua Umum/Ketua Dewan Pembina H Prabowo Subianto.

“Untuk itu, semua kader partai fokus terlibat aktif penanganan bencana alam di berbagai daerah ini. Langkah yang langsung dilakukannya adalah mendirikan dan membuka dapur umum. Masakan makanan yang telah dimasak para kader Partai Gerindra ini dibagikan kepada warga terdampak banjir khususnya di Kota Semarang dan sekitarnya,” kata mantan wartawan koran harian di Semarang.

Menurutnya, para anggota fraksi DPRD Jateng bersama dengan pengurus melihat banyaknya bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Jateng ini, langsung tergerak menyalurkan bantuan sembako ke sejumlah lokasi banjir di Kota Semarang. Bahkan, seluruh DPC dan anggota DPRD kabupaten/kota di Jateng diinstruksikan untuk melakukan hal yang sama. Seluruh kader diinstruksikan terlibat aktif secara langsung membantu penanganan bencana.

“Masyarakat yang daerahnya dilanda banjir, tentunya sangat membutuhkan uluran tangan atau bantuan apapun. Wilayah di Jateng yang sedang dilanda banjir adalah Kota Semarang, Kabupaten Demak, Solo, Jepara, Kudus, Pati, Kendal, Kab Pekalongan, Kota Pekalongan maupun daerah lain serentak menggelar aksi sosial, berupa pembagian makanan maupun bantuan paket sembako bagi warga terdampak. DPD Partai Gerindra Jateng juga menerjunkan tim relawan yang sudah terlatih Satria Resque Team (SRT). Tim ini diterjunkan langsung ke lokasi bencana erupsi Gunung Merapi maupun banjir di wilayah Kabupaten Kudus. Harapan kami, masyarakat umumnya untuk waspada akan munculnyaa bencana alam,” tandasnya. ***

 Pewarta : Heru Santoso.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here