Beranda REGIONAL Program ‘Jateng di Rumah Saja Dua Hari’ : Pasar Tradisionil Dizinkan Buka

Program ‘Jateng di Rumah Saja Dua Hari’ : Pasar Tradisionil Dizinkan Buka

136
0
Walikota Salatiga H Yuliyanto SE MM.

KopiPagi | SALATIGA : Menindaklanjuti surat edaran (SE) Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait dengan program ‘Jateng di Rumah Saja Dua Hari’ pada 6 dan 7 Februari 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga menyatakan akan memberikan izin kepada pasar-pasar di Kota Salatiga untuk tetap beroperasi atau tidak perlu menutup usahanya.

 

“Pemkot Salatiga mengizinkan untuk seluruh pasar di Salatiga ini tetap beroperasi. Perubahan kebijakan ini didasari dengan banyaknya masukan dari pelaku ekonomi, masyarakat, serta keputusan Forkompimda Salatiga. Yang jelas, kepada pasar tradisional, toko, warung makan, serta pedagang kaki lima (PKL) untuk tetap membuka usahanya atau tetap beroperasi,” jelas Yuliyanto kepada wartawan di Salatiga, Kamiss (04/02/2021).

 

Menurutnya, saat beroperasi itu tetap patuh protokol kesehatan baik itu kepada pedagang maupun pembeli atau konsumen. Pertimbangan utama perubahan kebijakan diantaranya terkait dengan masalah ekonomi, pasalnya sekarang in perekonomian sedang berat. Sehingga kesempatan untuk bergerak harus diberi ruang.

 

“Perubahan keputusan secepatnya untuk disosialisasikan ke masyarakat. Bahkan, untuk memantau penerapan protokol kesehatan tersebut, petugas gabungan akan bertindak tegas jika ditemukan pelanggaran. Sedangkan, yang dilarang beroperasi adalah pusat perbelanjaan dan toko modern, tempat wisata, tempat hiburan, perkantoran serta  industry,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji SH menambahkan, bahwa perubahan kebijakan terkait dengan diijinkannya pasar beroperasi ini sudah langsung disampaikan kepada paguyuban pedagang pasar. Bahkan, mendengar ada perubahan kebijakan tersebut, para pedagang menyeembutnya dengan senang hati. Selain itu, para pedagang menyatakan siap untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

“Para pedagang menyambut gembira perubahan kebijakan itu. Bahkan, mereka menyatakan siap untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan siap juga mengingatkan keepada para pembeli untuk juga mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkas Aji. ***

 

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here