Beranda REGIONAL Usai Divaksin : 30 Orang Alami ‘KIPI’, Ngantuk, Pusing Ringan & Gatal-gatal

Usai Divaksin : 30 Orang Alami ‘KIPI’, Ngantuk, Pusing Ringan & Gatal-gatal

103
0
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah SKM MKes.

KopiPagi | UNGARAN : Pasca menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 14 Januari 2021 lalu, sebanyak 30 orang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), dan mereka semua merasakan dan mengalami ngantuk, pusing ringan maupun gatal-gatal di bekas suntikan vaksinasi dan sifatnya temporer.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Semarang Ani Rahardjo menyatakan, mereka yang mengalami KIPI itu dan khususnya yang pusing dapat meminum paracetamol. Satu jam setelah minum maka pusing akan hilang. Semuanya yang mengalami KIPI ini dalam kategori ringan dan setelah istirahat dan minum obat dijamin akan sembuh.

 

“Antisipasi mengalami KIPI tergolong berat maka di tempat vaksinasi akan disediakan ruangan khusus emergensi lengkap dengan dokter dan sarana prasarananya. Dinas Kesehatan juga telah siap dengan Kelompok Kerja KIPI yang terdiri dokter spesialis yang juga merupakan konsultan jika muncul sesuatu yang tidak diharapkan usai di vaksin Covid-19,” jelas Ani Raharjo kepada wartawan, Jumat (29/01/2021).

 

Ditambahkan, bahwa sarana prasaran lain yang disiapkan diantaranya obat-obatan, alat bantu oksigen, serta cairan infus. Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan tambahan sebanyak 165 kamar atau ruang isolasi. Dengan ditambahkanya kamar sebagai ruang isolasi, harapannya tidak akan terjadi penumpukan pasien.

 

“Selain itu, untuk sarana prasarana rumah sakit selama PPKM tahap kedua mulai 26 Januari 2021 – 8 Februari 2021, RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran, RS Ken Saras serta RS Bina Kasih Ambarawa bahkan rumah singgah di Hotel Garuda Kopeng dan Bapelkes Sewakul Ungaran telah siap operasional. Dengan begitu, nantinya sudah tidak ada lagi pasien yang menunggu di IGD,” tandasnya. ***

 

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here