Beranda U T A M A Dirotasi ke Komisi VII : Ribka Tjiptaning Merasa Lucu Dokter Kok Urus...

Dirotasi ke Komisi VII : Ribka Tjiptaning Merasa Lucu Dokter Kok Urus Energi

230
0

KopiPagi JAKARTA : Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII. Setelah viral di media sosial menolak divaksin Covid 19 buatan Sinovac.

Ribka mengaku merasa lucu dan tertawa menanggapi rotasi yang dilakukan kepada dirinya. Sebab, kini dirinya yang berlatarbelakang dokter harus mengurus permasalahan terkait minyak dan listrik.

“Cuma lucu saja, dokter bergaul sama minyak dan listrik. (Jadi) Ketawa sendiri,” ujar Ribka ketika dihubungi awak media Selasa (19/1). Ribka mengaku baru kali ini dipindah ke komisi lain selama menjadi wakil rakyat.

Diketahui, Ribka bertugas di Komisi IX DPR RI sudah 17 tahun lamanya. Dan 10 tahun diantaranya menjadi Ketua Komisi IX DPR RI. Komisi IX DPR diantaranya membidangi masalah kesehatan. Sementara Komisi VII DPR terkait energi dan migas.

“Aku belum pernah pindah komisi, baru sekarang. Lamanya di Komisi IX sudah 17 tahun, 10 tahun jadi Ketua Komisi IX,” ungkapnya.

Disinggung mengenai akankah latar belakangnya sebagai dokter menjadi penghambat kerjanya di Komisi VII, Ribka membantahnya.

“Tidak sih,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII, setelah dirinya lantang menolak divaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Rotasi atau pemindahan penugasan tersebut, diketahui dari salinan surat yang diterima redaksi KoranPagi, pada Senin (18/1) malam.

Surat Fraksi PDIP DPR bernomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022, terkait perubahan penugasan di Alat Kelengkapan Dewan dan ditujukan kepada pimpinan DPR RI.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto, pada 18 Januari 2021.

Sebelumnya, Ribka ditugaskan menjadi anggota Komisi IX yang mempunyai ruang lingkup di bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan kependudukan. Ia dipindahkan ke Komisi VII dengan ruang lingkup tugas di bidang energi, riset dan teknologi.

Selain Ribka, Fraksi PDIP DPR juga merotasi empat anggotanya yang lain, yaitu Johan Budi Sapto Pribowo dari Komisi II ke Komisi III.

Kemudian, Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III, Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI, serta Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II.

Sebelumnya, Ribka Tjiptaning dengan tegas menolak divaksin Covid-19 saat rapat kerja Komisi IX DPR dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (12/1).

Menurut Ribka, belum ada satupun pihak yang dapat memastikan keamanan vaksin Covid-19 asal perusahaan China, Sinovac.

“Kalau persoalan vaksin, saya tetap tidak mau divaksin, mau pun sampai yang 63 tahun bisa divaksin. Saya sudah 63 nih, mau semua usia boleh tetap (saya tolak). Misalnya saya hidup di DKI, semua anak cucu saya dapat sanksi Rp 5 juta mending saya bayar, saya jual mobil kek,” kata Ribka di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta.

“Bagaimana orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis ketiga dan lain-lain,” lanjutnya. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here