Beranda KANDIDAT Wibisono : Gonjang Ganjing Kandidat Kapolri, Boy Rafli apa Listyo Sigit?

Wibisono : Gonjang Ganjing Kandidat Kapolri, Boy Rafli apa Listyo Sigit?

380
0

KopiPagi | JAKARTA : Gonjang ganjing pergantian Kapolri semakin memanas. Hari ini ramai diberitakan ada 5 calon Kapolri yang sudah direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas), salah satunya yang menonjol adalah Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, membeberkan lima nama jenderal Polri yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Mahfud yang merupakan ketua Kompolnas menyebut nama tersebut sudah diusulkan ke Presiden Jokowi.

Mahfud pun membeberkan nama lima jenderal berbintang tiga atau komisaris jenderal yang direkomendasikan menggantikan Idham Azis. Mulai dari Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Pembina Sahabat Polisi Indonesia (SPI) dan pengamat kebijakan Publik, Wibisono mengatakan, nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR sudah banyak dibahas publik.

Ia mengaku mendengar bahwa nama calon Kapolri mengerucut pada nama kepala BNPT Boy Rafly Amar dan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Tapi kan enggak tahu, satu hari dua hari kan masih bisa manuver dan kemungkinan bisa berubah, kita tunggu keputusan presiden, saya dengar hari Rabu surat resmi dari presiden akan di kirim ke DPR,” ujar wibisono ke awak media di Kakarta Senin (11/01/2021).

Lanjut Wibi, konon menguat ke Listyo Sigit Prabowo, tapi kan namanya politik, semua belum pasti, Kapolri itu jabatan politik.

“Semua calon mempunyai peluang yang sama, hanya Presiden Jokowi yang tahu kebutuhan negara dan siapa yang dipilih, Tingkat kedekatan personal dengan presiden juga belum tentu dipilih apabila kebutuhan organisasi Polri tidak tepat untuk kondisi saat ini.” pungkas Wibi. ***

Pewarta : M. Rozi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here