Beranda REGIONAL Menjelang Natal 2020 : Polsek Tingkir Patroli Kewilayahan Sambangi Gereja

Menjelang Natal 2020 : Polsek Tingkir Patroli Kewilayahan Sambangi Gereja

62
0
Anggota Polsek Tingkir saat sambangi dan dialog dengan security salah satu gereja. (Foto Heru Santoso)

KopiPagi SALATIGA : Menjelang peringatan dan misa Natal 2020, patroli rutin kewilayahan dilakukan oleh Unit Sabhara Polsek Tingkir yang dipimpin langsung Iptu Sukarji didampingi sejumlah anggota, dengan sasaran tempat ibadah khususnya gereja-gereja di wilayah Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Patroli yang dilakukan ini dengan maksud mengantisipasi potensi permasalahan Kamtibmas serta dalam rangka menciptakan situasi wilayah yang aman, tenang, damai, terkendali serta selalu kondusif. Sejumlah gereja di wilayah Kecamatan Tingkir menjadi sasaran patroli tersebut dan sekaligus menjalin sinergi antara Polsek Tingkir dengan pengurus gereja.

“Kami di gereja-gereja tersebut selain menyambangi juga sekaligus memberikan himbauan kepada pimpinan, pengurus gereja maupun security gereja terkait rencana rangkaian ibadah maupun kegiatan yang menyambut Natal 2020. Langkah ini dilakukan, agar dalam kegiatannya itu tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Ipda Sukarji, menitipkan pesan kepada security di Gereja Bethany Salatiga, Selasa (15/12/2020).

Ditambahkan, dalam mengikuti kegiatan di gereja hendaknya jemaat gereja tetap patuh protokol kesehatan seperti tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau penggunaan hand sanitizer. Selain itu, sebelum memasuki lingkungan gereja selalu di cek suhu tubuhnya bahkan penyemprotan disinfektan di lingkungan gereja tersebut.

“Khususnya kepada security gereja, tidak segan-segan memberitahukan perkembangan situasi keamanan kepada aparat kepolisian jika ada kegiatan yang dihadiri jemaat dalam jumlah banyak. Sehingga, dapat diberikan bantuan pengamanan dan di antisipasi terjadinya permasalahan dan kegiatan itu dapat berlangsung dengan aman, tenang, lancar dan tetap kondusif,” katanya.

Sementara itu, Albertus Hariyadi, salah satu security Gereja Bethanny Salatiga menyatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas himbauan dan masukan dari petuigas Polsek Tingkir tersebut. Bahkan, siap untuk melakukan kordinasi dalam kegiatan apapun karena hal ini sangat bermanfaat untuk gerejanya atau jemaat gereja.

Terpisah, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat melalui Kasubbag Humas AKP Djoko Lelono menyatakan, bahwa pihaknya memberikan apresiasi dan dukungannya atas inisiatif yang telah dilakukan anggota Polsek Tingkir yang melakukan patroli kewilayahan dengan menyasar gereja-gereja di wilayah Kecamatan Tingkir. Hal ini dilakukan demi menciptakan situasi Kamtibmas wilayah yang aman, tenang, damai serta kondusif.

“Apa yang dilakukan anggota Polsek Tingkir tersebut kami apresiasi, karena langkahnya itu demi menciptakan situasi yang aman, tenang, damai dan kondusif menjelang Natal 2020. Bahkan, dengan terlainnya koordinasi anatara apatak kepolisian wilayah dengan gereja-gereja, akan membuat situasi terkendali menjelang perayaan Natal 2020,” tandas AKP Djoko Lelono. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here