Beranda REGIONAL KEJARI KABUPATEN SUKABUMI LUNCURKAN PROGRAM JABINSA

KEJARI KABUPATEN SUKABUMI LUNCURKAN PROGRAM JABINSA

160
0
Kajari Kabupaten Sukabumi, Bambang Yunianto 1

KopiPagi | CIBADAK : Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dalam penegakan hukum dan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini, Kejari Kabupaten Sukabumi meluncurkan dua program unggulan sekaligus, yakni Jaksa Bina Desa (Jabinsa) dan Gerakan Desa Anti Korupsi.

 Hal itu dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Sukabumi, Bambang Yunianto, kepada sejumlah wartawan di aula kantor Kejari Kabupaten Sukabumi Jalan Raya Karang Tengah, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (08/12/2020).

Bambang Yunianto bersama sejumlah jaksa di Kejari Kabupaten Sukabumi mengajak sebanyak 25 jurnalis, baik cetak, online maupun elektronik untuk “Ngopi Sareng Jaksa” di kantornya dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi se Dunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya.

Pada kesempatan itu, Bambang Yunianto mengungkapkan bahwa dalam program Jaksa Bina Desa (Jabinsa), seluruh jaksa yang ada di Kejari Kabupaten Sukabumi secara bergantian akan ditugaskan melakukan pembinaan kepada Pemerintahan Desa sesuai tugas fungsi yang melekat pada dirinya.

“Jaksa melakukan pembinaan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Ini juga sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,” ucap Bambang Yunianto.

Dalam program Jabinsa, kata Bambang Yunianto, jaksa nantinya akan melakukan monitoring rutin kepada 381 Desa se Kabupaten Sukabumi.

“Jadi Jaksa tersebut punya kewajiban melakukan pembinaan, dengan cara melakukan kunjungan ke seluruh pelosok desa, jadi Jaksa wajib mengunjungi ke sana (Desa) untuk membuka ruang komunikasi,” ucap Bambang Yunianto.

Bambang pun mengajak media bersama-sama terjun ke masyarakat untuk memberi edukasi, penerangan hukum, membantu mengatasi permasalahan yang terjadi, dan menampung permasalahan yang mungkin belum terselesaikan.

“Mencegah korupsi ini adalah menjadi tanggung jawab bersama, oleh karena itu, kami mengajak para jurnalis untuk ikut serta dan mencegah korupsi secara dini,” jelasnya. ***

Pewarta : Syamsuri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here