Beranda KANDIDAT Hasil Survey Pilkada Tangsel Menurut 5 Lembaga

Hasil Survey Pilkada Tangsel Menurut 5 Lembaga

350
0

KopiPagi.Jakarta – Hari pencoblosan Pilkada Serentak 2020 sudah semakin dekat. Warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota akan melakukan pencoblosan Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

Sejumlah lembaga survei turun gelanggang mengukur elektabilitas kandidat di Pilkada Tangerang Selatan 2020. Tahun ini, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Tangsel diikuti tiga pasangan calon.

Mulai dari Muhamad-Saras, pasangan calon itu diusulkan oleh PDI Perjuangan yang mendapatkan nomor urut 1, Azizah-Ruhamaben yang diusullkan oleh Partai Demokrat menempati nomor urut 2, dan Benyamin-Pilar yang diusung Partai Golkar mendapat nomor urut 3 yang mendapat dukungan PPP serta Partai Gelora.

Adapun hasil sejumlah lembaga survei tersebut adalah sebagai berikut.

Hasil Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)

LembagaSurvei SMRC merilis hasil survei mengenai kontestasi kandidat dalam Pilkada Tangsel 2020 pada bulan Agustus lalu. Populasi survei ini melibatkan seluruh warga negara Indonesia di Kota Tangerang Selatan, yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dengan jumlah sampel sebanyak 410 orang, survey dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Hasil survei SMRC tersebut menunjukkan, pasangan Benyamin-Pilar memperoleh suara tertinggi dengan elektabilitas 39,3 persen, diikuti lawan mereka Muhamad-Saras dengan 20,8 persen, dan Azizah-Rumahaben dengan elektibilitas 10,5 persen.

Hasil Lembaga IndexPolitica Indonesia

Awal November 2020 lembaga IndexPolitica merilis hasil survey nya yg bertajuk Mengukur Persepsi Masyarakat Tangsel terhadap Pilkada 2020. Hasilnya adalah elektabilitas pasangan Drs H Benyamin Davnie-H Pilar Saga Ichsan, ST tertinggi dengan 36,92%, di posisi kedua adalah pasangan Drs H Muhamad M. Si-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dengan 29,67% diikuti pasangan Dr Hj Siti Nurazizah SH., M Hum-H Rumahaben dengan 18,65% dan masih ada 14,75% pemilih yang belum menentukan pilihan.

Pengambilan data dari tanggal 2 November sd 9 November 2020 dengan jumlah responden 800 margin error +- 3,46% tingkat kepercayaan 95%,” kata Direktur Eksekutif Index Politica Denny Charter dalam keterangannya, Sabtu (14/11/2020).

Hasil Survei Konsepindo Research And Consulting

Populasi survei ini melibatkan seluruh warga di Kota Tangerang Selatan yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Seluruh unit populasi di Tangerang Selatan ini mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.

Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 600 responden. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dan diperkirakan margin of error sebesar ± 4,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lembaga survei ini merilis hasil survei pada bulan September lalu dan menunjukkan hasil yang sama dengan SMRC, yakni pasangan Benyamin-Pilar masih unggul dengan elektibilitas 40,96 persen, diikuti oleh lawan kandidat Muhamad-Saras dengan elektibilitas 19,44 persen, lalu Azizah-Rumahaben dengan elektibilitas 10,9 persen.

Hasil Survei Indikator Politik Indonesia

Lembagai survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei kontestasi kandidat pada bulan Oktober 2020. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 820 orang.

Dengan metode ini, memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Adapun hasil yang dibeberkan: Benyamin-Pilar menempati urutan pertama dengan elektibilitas 33,9 persen, Muhamad-Saras dengan elektibilitas 26,7 persen, dan Azizah-Rumahaben dengan 13,1 persen.

Hasil Survei Romeo Strategic Research & Consulting

Hasil survey melibatkan populasi seluruh DPT yang berdomisili di Kota Tangerang Selatan, dengan jumlah DPT Tangsel sebanyak 948.571.

Responden terdistribusi secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling dan terpilih 400 responden dengan margin of error 5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lokasi terpilih 40 Kelurahan di 7 Kecamatan Kota Tangerang Selatan. Setiap kelurahan terpilih 10 responden secara acak. Dari masing-masing RT akan dipilih secara acak kepala keluarga berbasis TPS yang ada. Sedangkan di KK terpilih, akan dipilih secara random satu orang yang memiliki hak pilih, dengan komposisi perbandingan gender (L/P) yang seimbang.

Hasil survei menunjukkan pasangan dengan nomor urut 3, Benyamin-Pilar masih unggul dengan elektibilitas 28,7 persen, disusul Muhamad-Saras dengan 20,9 persen, dan Azizah-Ruhamaben dengan 17% persen.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here