Beranda REGIONAL Polsek Kota Karawang Tinjau Kel. Plawad Miliki Kampung Tangguh Covid-19

Polsek Kota Karawang Tinjau Kel. Plawad Miliki Kampung Tangguh Covid-19

121
0
Polsek Kota Karawang bersama Camat Karawang Timur, Lurah Plawad beserta jajarannya.

KopiPagi KARAWANG : Polres Karawang melalui Kepolisian Sektor (Polsek) Kota yang dipimpin langsung Kapolsek Kota Kompol.Iwan Ridwan Saleh,SH.MH mengunjungi kampung tangguh Kelurahan Plawad Kecamatan Karawang Timur, Selasa (01/12/2020) pagi.

Pada kesempatan itu Camat Karawang Timur Hj,Ely Laeli Komala,S.Sos mengatakan,  kunjungan Kapolsek Kota dalam rangka ingin melihat sejauh mana kesiapan kampung tangguh yang dibentuk di Kelurahan Plawad.

Menurut Eli,  kampung tangguh yang dibentuk  di Kelurahan Plawad merupakan kampung tangguh yang kedua setelah kampung tangguh pertama di Desa Tegalsawah.

Kata Eli, tujuan dibentuknya kampung tangguh di desa atau di kelurahan  yang berada diwilayah Kecamatan Karawang Timur untuk mengantisipasi tindakan dalam penanganan pandemi  covid -19. Dalam kampung tangguh tersebut sudah disiapkan  beberapa macam elemen meliputi  posko keamanan, posko kesehatan, dan  ruang karantina, termasuk ketahanan pangan bagi warga yang terdampak Covid-19.

Untuk kerahanan pangan, pihaknya sudah menyiapkan  sayur sayuran, ikan, lumbung padi, dan ternak kambing “Bahkan kita juga menyiapkan gudang untuk penyimpanan sembako. Semua itu untuk kebutuhan warga yang terdampak Covid-19,” ucap Eli.

Ia berharap, pandemi Covid-19  cepat berakhir. Kehidupan warga menjadi normal kembali dan warga dapat melakukan aktivitas lagi seperti biasa.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya menghimbau kepada warganya senantiasa melakukan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di air yang mengalir.

Hal senada juga disampaikan Lurah Plawad Adi Firmansyah, menurutnya dibentuknya Kampung tangguh ini salah satu upaya dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Pengertian dari kampung tangguh tersebut yaitu tangguh dalam menangani pandemi Covid-19, tangguh dalam menangani ketahanan pangan dan tangguh dalam menangkal efek efek dari pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, sebelumnya untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya sudah sejak awal melakukan penyemprotan disinfektan, membagi bagikan  masker kepada masyarakat dan menggalakan Siskamling.

Untuk ketahanan pangan, lanjut Adi, pihaknya menyiapkan kegiatan budi daya ikan, ternak kambing dan berkebun sayur sayuran. Budi daya tersebut tersebar diberbagai dusun yang ada dilingkungan Kelurahan Plawad.

Terkait  kampung tangguh ini, sambung Adi,  untuk   kesehatan, pihaknya berkordinasi dengan puskesmas. Sedangkan untuk  ketahanan pangan pihaknya merangkul  potensi yang ada diwilayah Kelurahan Plawad, termasuk CSR.

Perwarta

Erwin Sudarto.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here