Beranda NASIONAL PBNU Sesalkan Munculnya Azan Ajakan Untuk Berperang

PBNU Sesalkan Munculnya Azan Ajakan Untuk Berperang

214
0
KH Robikin Emhas
KH Robikin Emhas

KopiPagi.Jakarta. Beredar di sosial media video azan yang menyerukan jihad. Ketua PBNU KH Robikin Emhas merespons atas beredarnya video singkat sekelompok orang yang menyerukan kalimat ‘Hayya Alal Jihad‘.

Video berdurasi 30 detik tersebut, terdapat sekelompok orang mula-mula mengumandangkan kalimat adzan. Ketika sampai pada kalimat yang seharusnya Hayya Ala Sholah, diganti dengan kalimat Hayya Alal Jihad yang berarti ajakan untuk berperang.

Menurut KH Robikin, dalam negara yang telah merdeka seperti Indonesia, jihad harus dimaknai sebagai upaya sungguh-sungguh dari segenap komponen bangsa untuk mewujudkan cita-cita nasional, bukan peperangan.

“Apa itu? Mewujudkan perdamaian dunia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memakmurkan ekonomi warga serta menciptakan tata kehidupan yang adil dan beradab,” tegas KH Robikin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Senin (30/11).

Dengan demikian maka di tengah kehidupan yang plural seperti di Indonesia ini, KH Robikin mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus memperkuat toleransi dan saling menghargai baik sesama maupun antar pemeluk suatu agama, etnis, dan budaya.

“Mari kita kokohkan persatuan dan kesatuan. Kita perkuat persaudaraan sesama warga bangsa dan persaudaraan kemanusiaan sebagai sesama keturunan anak cucu Nabi Adam AS,” pesan KH Robikin.

“Jangan terpengaruh hasutan, apalagi terprovokasi. Agama jelas melarang keterpecah-belahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat,” ajak Ketua PBNU KH Robikin Emhas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here