Beranda NASIONAL Kutuk Pembunuhan dan Teror di Sigi, NU Minta TNI Polri Tangkap Pelaku

Kutuk Pembunuhan dan Teror di Sigi, NU Minta TNI Polri Tangkap Pelaku

143
0
Ketua PP Lakpesdam H Rumadi Ahmad

KopiPagi.Jakarta. Ketua PP Lakpesdam (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Nahdlatul Ulama, H Rumadi Ahmad mengutuk keras aksi pembunuhan yang menewaskan satu keluarga di Desa Lembontonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/11) kemarin. Aksi teror tersebut jelas telah melukai masyarakat Indonesia dan perlu mendapatkan tindakan yang cepat dari aparat.

H Rumadi Ahmad mengatakan tidak ada alasan yang membenarkan mengenai aksi kejam yang diduga dilakukan oleh militan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) ini. Menurutnya perbuatan itu sangatlah biadab dan tidak manusiawi, perlu mendapat perlawanan dari aparat Polri maupun TNI.

“Peristiwa tersebut sangat menyakitkan, bukan hanya disesalkan tapi patut dikutuk. Tak ada alasan apapun yang bisa membenarkan perbuatan biadab tersebut,” kata H Rumadi, dikutip dari NU Online, minggu (29/11).

Dia meminta aparat segera mempercepat tindakan dengan menangkap para pelaku penyerangan dan pembunuhan tersebut. Lakpesdam PBNU mendorong kepada aparat keamanan untuk mendeteksi secara dini gerakan-gerakan kelompok teroris, kata dia.

“Aparat keamanan perlu deteksi dini yang lebih kuat agar peristiwa sejenis tidak terulang. Masyarakat juga perlu meningkatkan kewaspadaan dan bekerjasama dengan aparat keamanan lebih erat,” tuturnya.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Sutami M Idris, juga melontarkan kecaman atas tindakan yang tidak berperikemanusiaan tersebut. PCNU mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi dengan informasi yang berkembang. Masyarakat juga harus menahan diri, serahkan semuanya kepada pihak yang berwenang, kata dia.

“Kami mengajak seluruh Nahdliyin dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan dan menolak segala bentuk kekerasan dan mendukung aparat keamanan untuk mengusut tuntas insiden yang terjadi dan menemukan pelaku dari peristiwa itu,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here