Beranda Food Estate Makanan Khas Tangerang Yang Wajib di Cobain

Makanan Khas Tangerang Yang Wajib di Cobain

153
0
Tempat Makan Tangerang 2
Tempat Makan di Tangerang Raya

KopiPagi. Tangerang. Tangerang Raya yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan memiliki banyak makanan khas tradisional yang menggugah selera mulai dari kue, cemilan hingga makanan berat. Laksa Tangerang adalah menu paling populer di Tangerang Raya. Tapi selain itu ternyata masih banyak lagi makanan dan jajanan Khas Tangerang yang perlu kita ketahui.

Nah berikut ini adalah beberapa daftar makanan tradisioal khas Tangerang raya yang bisa dinikmati bersama orang terdekat.

1. Sayur Besan

Selain nama yang unik, sayur ini juga memiliki asal yang unik sehingga dinamakan sayur besan. Makanan ini selalu dihidangkan disaat orang tua mempelai laki-laki datang kerumah mempelai perempuan pada acara perkawinan atau ngebesan. Sayur yang bercita rasa gurih ini terbuat dari kentang, santan, telur dan terubuk (Telur tebu), dengan tambahan ebi, petai dan kacang panjang. Tentu sudah tidak asing bagi warga betawi dan warga Tangerang selatan. Seiring waktu, keberadaan sayur besan semakin sulit ditemukan, salah satunya karena bahan utama Sayur besan, yaitu telur tebu atau terubuk semakin mahal dan langka.

Sayur Besan
Sayur Besan Khas Tangerang

Namun masih ada penjual Sayur Besan khas Tangerang yang bisa ditemui di warung makan Mpo Iyoh yang terletak di Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur.

2. Garang Asem

Garang asem adalah menu yang dimasak dengan cara dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang kemudian dikukus. Ciri khas rasa yang didapat ketika mencicipi gareng asem adalah rasanya yang asam dan pedas. Rasa asam pada gareng asem ini didapat dari belimbing wuluh (belimbing asam).

Garang Asem
Garang Asem Khas Tangerang

Gareng asem biasa disajikan dengan banyak lauk. Lauk pendamping gareng asem antara lain ayam kampung, cabai rawit merah dan hijau, tomat hijau muda.

3. Pecak Gabus

Pecak gabus adalah masakan berbahan dasar gabus, Salah satu makanan khas Tangerang ini memiliki rasa yang pedas, gurih dan tidak meninggalkan bau amis dari ikan gabus. Pecak gabus memang merupakan masakan betawi yang khas dan telah lama populer di Tangerang. Masakan kaya rasa ini dapat kita cicipi di salah satu rumah makan yang di jalan Aria Jaya Sentika,

Pecak Gabus
Pecak Gabus Khas Tangerang

Kampung Sumur Pacing, Karawaci, Kota Tangerang. Pecak gabus merupakan kuliner yang sudah ada dan diwariskan oleh orang betawi yang tinggal di dataran rendah dan bersungai yang kita kenal dengan sungai cisadane.

4. Dodol Cilenggang

Dodol merupakan cemilan yang populer, khas Indonesia. Panganan manis ini selalu dibuat dengan proses yang lama dan keahlian yang khusus. Ternyata Tangerang selatan juga mempunyai Dodol khasnya, yaitu Dodol Cilenggang.

Dodol Cilenggang
Dodol Cilenggang

Dodol tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dari dodol kebanyakan. Makanan ini bisa tahan sampai 3 bulan lamanya.

5. Sate Bandeng

Sate Bandeng atau sate lilit yang terbuat dari bahan dasar ikan bandeng merupakan oleh-oleh khas Tangerang. Tak hanya di Kabupaten Tangerang, makananan ini juga dapat menemukan Sate Bandeng mulai dari Tangerang Selatan dan Kota Tangerang.

Sate Bandeng
Sate Bandeng Khas Tangerang

Sate Bandeng ini berbeda dengan sate pada umumnya tentu saja pada bahan dasar yang digunakan yaitu ikan bandeng. Jangan khawatir akan duri yang lekat pada ikan bandeng. Daging ikan bandeng diolah dengan cara dipukul-pukul hingga hancur dan halus, lalu dipisahkan dari kulit, tulang, serta duri halusnya. Sehingga ketika dinikmati, kita enggak akan menemukan duri yang menganggu pada daging ikan.

Paduan rempah-rempah dan santan pastinya akan membuat kita jadi susah menolak si Sate Bandeng ini. Aroma pembakaran hasil proses pemasakan menambah cita rasa Sate Bandeng semakin enak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here