Beranda JAGAT Agus Maftuh, Dubes RI untuk Arab Saudi : HRS Sering Sebut Jokowi...

Agus Maftuh, Dubes RI untuk Arab Saudi : HRS Sering Sebut Jokowi Presiden Ilegal

445
0
Habib Rizieq Shihab. Foto : Ist.

KopiPagi JAKARTA : Agus Maftuh, Duta Besar RI untuk Arab Saudi mengatakan bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS), tak pernah melaporkan masalahnya ke Kedutaan Besar RI di Arab Saudi. Padahal jarak tempuh dari Makkah ke KJRI Jeddah hanya 45 menit. Bahkan, tak ada laporan dari Rizieq yang masuk.

“MRS (Muhammad Rizieq Shihab) justru sering melancarkan kalimat tidak pantas dari kota suci Makkah dengan menyebut Presiden Jokowi adalah Presiden ilegal,” kata Agus saat dihubungi, Kamis (06/11/2020) malam kemarin
.
Agus Maftuh mengatakan hal ini cukup membuat situasi sulit. Banyak pihak dari Arab Saudi sendiri yang mempertanyakan sikap Rizieq tersebut, yang dinilai janggal.

“Kami sering ditanya kolega-kolega Saudi yang menyayangkan bagaimana warga negara Indonesia menyebut kepala negaranya dengan sebutan ‘rais ghair syar’iyyin’ presiden ilegal,” kata Agus.

Meski begitu, Agus mengatakan Kedutaan sendiri memperhitungkan bahwa kasus yang menjerat Rizieq tidak masuk dalam prioritas KBRI Riyadh. Selama ini, yang jadi prioritas bagi KBRI adalah kasus HPC (high profile case), yakni kasus-kasus yang berkaitan dengan hukuman mati dan nyawa.
“Ini yang kami prioritaskan. Beberapa bulan ini KBRI lagi fokus untuk penyelamatan seorang WNI yang terancam hukuman mati, karena peristiwa 12 tahun yang lalu,” kata Agus.
Agus mengatakan, proses seperti ini saja cukup sulit dan menyedot tenaga dari KBRI. Pasalnya, untuk menyelesaikan kasus semacam ini, KBRI harus masuk ke daerah pedalaman Saudi untuk melakukan lobi ke tokoh-tokoh masyarakat dan juga ahli waris korban untuk mencari jalan keluar. Bisnis/tempo /Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here