Beranda REGIONAL Hulu Sungai Kungkilan Alirkan Air Becampur Lumpur Genangi Rumah Warga

Hulu Sungai Kungkilan Alirkan Air Becampur Lumpur Genangi Rumah Warga

337
0

KopiPagi Lahat : Hujan lebat yang turun cukup derasnya membuat hulu Sungai Kungkilan meluap dan airnya yang bercampur lumpur menerjang Desa Muara Maung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (30/ 10/ 2020).

Sungai Kungkilan yang meluap dan menggenangi Desa Muara Maung.

Air bercampur lumpur tak ayal meluap masuk ke rumah-rumah penduduk yang dikelilingi perusahaan pertambangan batu bara, Salah satu warga Desa Muara Maung, Apriansyah (21) mengatakan, ia terkejut saat hendak pulang kerja. Di samping salah satu akses jalan menuju perusahaan tambang batubara terlihat air meluap dari Sungai Kungkilan dan menggenangi satu rumah setinggi mati kaki orang dewasa.

Dikatakan Apri, pihak perusahaan batubara selalu mengelak bahwa banjir bukan karena dampak dari eksplorasi tambang. Padahal bukti sudah di depan mata. Air bercampur lumpur yang me;iap ke rumah penduduk memang berasal dari sungai tetapi itu dampak dari tambang batubara.

Dan yang dikeluhkan masyarakat sekitar tambang, hingga kini mereka belum pernah mendapat ganti rugi dari perusahan akibat lahan rumah dan kebun warga yang terendam lumpur.

Luapan Sungai Kungkilan bukan saja merendam rumah tapi merendam jalan setapak menuju lahan pertanian warga. Jika terus terjadi dan dibiarkan maka luapan Sungai Kungkilan trerus terjadi dan kemungkinan bisa mengakibaatkan bahaya longsor. ***

Pewarta

Muhamad Daud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here