Beranda REGIONAL Meriahkan HUT RI ke 75, Desa Muara Dilam Rohul Gelar Upacara &...

Meriahkan HUT RI ke 75, Desa Muara Dilam Rohul Gelar Upacara & Perlombaan

286
0
Sematak HUT RI ke 75 di Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Propinsi Riau.

KopiPagi ROHUL – Semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 masih terasa hikmat meskipun di tengah menghadapi pandemi, seperti yang dirasakan di Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Propinsi Riau.

Pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke 75 di Desa Muara Dilam.

Memperingati hari jadi NKRI ke 75 tahun ini, Pemerintah Desa di sana menggelar upacara bendera, namun upacara kali ini pesertanya sengaja dibatasi karena harus mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

Peserta upacara terdiri dari Kepala Desa Muara Dilam, Zulfikar SHI sebagai pemimpin upacara, dan anggota Paskibra, dan pelajar setingkat SD hingga SMK, tampak hadir juga anggota DPRD Dapil III, Zulfahmi.

Kepala Desa Muara Dilam, Zulfikar SHI menerangkan, bahwa pihaknya sengaja mengadakan upacara bendera meski dengan peserta yang terbatas, gunanya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan, dan terkhusus untuk proklamator kemerdekaan RI, Soekarno-Hatta.

“Meski upacara hari ini tidak seperti biasanya, yang paling penting nilai-nilai proklamasi masih kami rasakan,” sebut Zulfikar kepada wartawan, kemarin.

Menurut Kades muda ini, hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini sangat penting, terkhusus lagi buat generasi muda, agar mereka lebih cinta dengan negaranya.

“Dengan peringatan HUT RI, kita berharap para generasi bangsa bisa lebih cinta terhadap negaranya, sebab para pejuang kita dulu sudah mengorbankan jiwa dan raganya merebut kemerdekaan negara dari tangan penjajah. Jadi generasi muda harus bisa mempertahankan,” pesannya.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 75 di Desa Muara Dilam

Makna hari kemerdekaan tidak lengkap rasanya tanpa adanya perlombaan. Pihak desa sendiri menyiapkan beragam lomba seperti kontes dangdut, tarian daerah, lomba baca puisi dengan tema kemerdekaan.

Banyak perlombaan tradisional juga mengisi hari kemerdekaan di desa ini misalnya lomba tarik tambang, joget balon, foto grup, pacu goni, pacu upih, lomba parut kelapa dan banyak lagi lomba yang penuh dengan semangat perjuangan.

Sementara, anggota DPRD Zulfahmi mengajak seluruh lapisan masyarakat desa agar sama-sama berjuang mengawal pembangunan Desa Muara Dilam lebih baik kedepan. 

“Mari kita isi semangat kemerdekaan ini dengan memberikan ide cemerlang yang dapat menjadikan Desa Muara Dilam lebih baik SDM dan SDA nya,” ajak Zulfikar. Kop.


Pewarta :        Rahmat

Editor    :        Nilson Pakpahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here