Beranda RAGAM KKPB dan MRPB Dampingi DPD AELI Sumbar Kunjungi Kawasan Wisata Maligi

KKPB dan MRPB Dampingi DPD AELI Sumbar Kunjungi Kawasan Wisata Maligi

71
0

KopiPagi PASBAR : Kolaboraksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB) yang dikomandoi oleh Decky H.Sahputra dan Ketua MRPB Peduli, Mon Eferi mendampingi kunjungan DPD Asosiasion Experincial Learning Indonesian (AELI) Sumbar dan Arsaloka tour penggiat wisata ke Pandah ArGreen Maligi yang berlokasi di Soak Sasak Ranah Pasisie Pasbar, baru-baru ini.

Selain Ketua DPD AELI, Dede Hakim, dan penggiat tour wisata Solusi, seperti Irish Samin serta Erick Smile terihat juga Eko Darmawan dari Tuahtalamau.com dalam rombongan tersebut, malam itu tim menginap di Pandah ArtGreen Suak Maligi.

Menurut Eko, tujuan kunjungan DPD AELI ini selain dalam rangka mengeksploirasi objek wisata Maligi (Suak) yang dikelola oleh Pandah ArtGreen dbawah komando Surya, juga ingin menikmati sejuknya malam di pantai dan melihat indahnya Pandah ArtGreen di pagi hari.

“Kedatangan DPD AELI Sumbar yang ingin mengeksplorasi wisata Maligi, karena sejak beberapa tahun belakangan ini DPD AELI Sumbar memang sudah intens menjalin komunikasi dengan Pandah ArtGreen untuk pengembangan wisata Maligi.”.

Dikatakan Eko, Pantai Indah Maligi dengan keindahan alam dan deburan ombaknya memang pas untuk dikunjungi. Sebab, selama ini telah banyak keseriusan berbagai kalangan dalam menggenjot sektor Pariwisata Pantai Indah Maligi ini agar menjadi ikon Ekowisata di Pasbar.
Sejak Surya bersama tim Pandah ArtGreen dengan gencar mensosialisai dan mempublikasikan keindahan Pantai Maligi, akhirnya banyak pihak yang ikut terlibat, hingga pemberian edukasi tentang pengelolaan kawasan pantai tersebutpun mulai terlihat.

Mulailah Surya dan kawan-kawan sebagai komunitas pegiat wisata Pantai Indah Maligi melakukan pengelolaan objek wisata itu dengan berwawasan lingkungan dengan nama Pandah Art Green’, di mana pengelolaannya juga mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan dengan tetap menciptakan lingkungan bersih.

Selain sebagai tempat wisata rekreasi dengan rayuan alamnya, daerah Pantai Indah Mailigi juga saat ini dijadikan sebagai daerah konservasi Penyu. Bahkan, gerakan penyelamatan Penyu yang dipelopori Surya, membuat Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Pasbar menjadi satu-satunya daerah konservasi penyu di Kabupaten Pasbar. Bukan itu saja, tahun 2019 lalu Surya menjadi pemuda pelopor tingkat provinsi bidang pelestarian sumber daya alam dan pariwisata yang tampil mewakili Sumbar di pentas Nasional.

Decky H Sahputra sebagai Pembina komunitas Pandah Art and Green Maligi, yang mengatakan pihaknya hingga kini tetap komit untuk selalu aktuf memperkenalkan Maligi ke dunia luar.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak, akhirnya dukungan dari penggiat wisata terus mengalir, seperti kehadiran DPD Asosiasion Experincial Learning Indonesian (AELI) Sumbar dan Arsaloka tour penggiat wisata hari ini, di mana AELI ingin memperkenalkan lebih instan lagi agar Pantai Maligi mampu menjadi objek wisata unggulan di Sumbar.
Apa lagi menurut Decky, Pantai Maligi selain memiliki keindahan dengan panorama Suaknya juga memiliki keunggulan di bidang konservasi dan pelestarian penyu.

Menurut Mon Eferi, juga sebagai salah satu pembina, mengatakan bahwa tim Pandah ArtGreen dalam menjaga kelestarian tetap menerapkan kebersihan dan keindahan terutama melakukan penanaman ribuan Cemara Udang dan bakau.

” dengan adanya penangkaran penyu yang menjadi khas Pandah ArtGreen ini, membuat Pantai Maligi saat ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi, itu makanya pihaknya minta kepada Tim Pandah ArtGreen untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap tertata menjadi lingkungan lebih sehat bersih dan asri, dengan demikian kita yakin ke depan Pantai Indah Maligi akan dapat menjadi objek wisata yang selalu dilirik oleh para wisatawan lokal bahkan wisata dari luar Pasbar dan tidak menutup kemungkinan dari manca negara.” jelas Mon Eferi

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD AELI, Dede Hakim, yang didampingi penggiat tour wisata Solusi, di mana menurutnya Tim Pandah AryGreen dibawah pembinaan Decky H Sahputra dan Mon Eferi hingga akhirnya kini telah mendapat dukungan penuh dari tokoh masyarakat Maligi, dalam mempromosikan wisata pantainya kini sudah mulai mendapatkan perhatian dan pengakuan baik dari Pemda Pasbar maupun pemuda setempat. Hal ini terbukti dengan banyaknya kunjungan beberapa Asosiasion Experincial tour dan travel serta penggiat wisata tingkat Sumbar maupun Nasional, seperti yang hari ini DPD Asosiasion Experincial Learning Indonesian (AELI) Sumbar dan Arsaloka tour penggiat wisata mengunjungi Maligi bahkan menginap di Suak Pandah ArtGreen Maliki Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasbar. Kop.

Pewarta :

zoelnasti/Ng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here