Beranda REGIONAL Tradisi Penyiraman Air Bunga, Akhiri Diklat Satpam Gada Pratama Salatiga

Tradisi Penyiraman Air Bunga, Akhiri Diklat Satpam Gada Pratama Salatiga

521
0

KopiPagi SALATIGA, – Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS memimpin langsung dan menjadi Ispektur Upacara Penutupan ‘Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Satpam Gada Pratama’ yang diikuti sebanyak 92 orang, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Senin (20/07/2020).

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS menyatakan, bahwa dengan telah selesainya Diklat Dasar Satpam Gada Pratama ini, tidak lupa disampaikan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil menempuh dan mengikuti seluruh rangkaian diklat tersebut. Dengan pembekalan yang diperolehnya ini kiranya dapat memberikan wawasan keterampilan dan berpikir yang jernih dalam melaksanakan tugas.

“Dengan mengikuti pendidikan dan latihan Satpam ini diharapkan dapat terbentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang keamanan guna menjawab tuntutan zaman di era globalisasi yang terus meningkat sekarang ini. Tugas Satpam yaitu sebagai personil satuan pengamanan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai pelaksana kriteria security yang menguasai sistem manajemen pengamanan sesuai standar manajemen kompetensi,” katanya.

Selain itu, dengan sistem perangkat keamanan serta audit sistem pengamanan, Satpam sangat penting dalam mendukung tugas Polri untuk menciptakan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Bahkan, sangat penting di manapun bertugas untuk membantu kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada para Satpam yang telah selesai menjalani pendidikan dan pelatihan agar betul-betul memegang teguh prinsip dan tujuan dari pelatihan ini, Bahkan, tetap terus mengasah kemampuan melalui latihan rutin baik secara individu, mandiri maupun dikoordinir kepolisian. Selain itu, tidak kalah penting adalah pengaplikasian tugas yang dijadikan sebagai prinsip dan sebagai inspirasi kita dalam melaksanakan tugas,” jelasnya.

Dalam upacara penutupan Diklat Satpam ini, dibacakan juga “Prinsip-prinsip Satpam dan Pelepasan Tanda Peserta” serta penyerahan ijazah secara simbolik. Kemudian dilanjut dengan tradisi Penyiraman Air Bunga oleh Kapolres Salatiga kepada perwakilan perserta Diklat dan ditutup dengan peragaan.

“Terpenting adalah Satpam merupakan tugas yang mulia, yang dapat berperan serta membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan Harkamtibmas yang aman, tenang dan kondusif dilingkungannya masing-masing. Ke depan, terjadi hubungan sinergitas yang tentunya tetap berlanjut. Jangan lupa berikan rasa aman, tenang dan nyaman kepada masyarakat,” tandas AKBP Rahmad Hidayat SS didampingi Kasubbag Humas AKP Djoko Lelono. Kop.

Pewarta :

Heru Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here