Beranda REGIONAL Menuju ‘New Normal’, Polres Semarang Canangkan KTNC 2020 di Ds. Ketapang

Menuju ‘New Normal’, Polres Semarang Canangkan KTNC 2020 di Ds. Ketapang

80
0
Dir Binmas Polda jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono SIK saat serahkan bantuan dalam pencanangan KTNC di Desa Ketapang. Foto : Ist.

KopiPagi UNGARAN : Sebanyak 213 ‘Kampung Tangguh Nusantara Candi (KTNC)’ dicanangkan secara serentak di wilayah hukum Polda Jateng, Jumat (19/06/2020). Di tingkat Polres Semarang, pencanangan KTNC dilakukan di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Keberadaan KTNC ini berfungsi sebagai penyangga pangan masyarakat selama transisi menuju ‘New Normal’.

Dir Binmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono SIK menyatakan, bahwa pencanangan sebanyak 213 kampung itu, salah satunya di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kab Semarang. Dipilihnya Desa Ketapang ini, karena telah memiliki tiga unsur menjadi kriteria KTNC. Ketiga unsur itu adalah ketersediaan pangan, keamanan, serta kesehatan masyarakatnya sangat siap, sehingga Desa Ketapang ini layak menjadi ‘pilot project’ KTNC 2020 Polres Semarang.

“Dipilihnya Desa Ketapang untuk pencanangan KTNC 2020, karena desa ini telah memenuhi tiga unsur. Ketiga unsure itu adalah ketersediaan pangan, keamanan, serta kesehatan yang sangat siap. Bahkan, ketiga unsur ini telah digalakkan di Desa Ketapang sejak sebelum pandemi Covid-19. Dengan munculnya wabah Covid-19 ini, maka semua pihak turun tangan dalam pencegahan penyebaran virus tersebut,” kata Kombes Pol Lafri Prasetyono.

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi menyatakan, bahwa pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi (KTNC) 2020 ini dilaksanakan secara serentak di wilayah hukum Polres Semarang. Tujuannya, untuk mencegah penularan Covid-19 serta mensosialisasikan penerapan ‘New Normal’. Yang didalamnya, disosialisasikan juga akan kepatuhan pada protokol kesehatan.

“Tingkat Polres Semarang, dipilih untuk penganangan KTNC 2020 adalah di Desa Ketapang, Kec Susukan, Kab Semarang. Tujuannya, ntuk melakukan pencegahan penyebara Covid-19. Selain itu, juga disosialisasikan akan penerapan ‘New Normal’, yang didalamnya wajib hukumnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” kata AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi didampingi Kasubbag Humas AKP Suradi.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Ketapang, Muhammad Niam menyatakan, bahwa dalam satu tahun ini desanya menghasilkan bahan pangan khususnya beras sebanyak 158,4 ton. Hasil ini diperoleh dari luas lahan 48 hektare. Untuk kebutuhan konsumsi maksimal 148,5 ton dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Dari sini, akhirnya ada surplus beras mencapai 9,9 ton.

“Apabila, nantinya diberlakukan New Normal maka stok pangan di Desa Ketapang ini akan benar-benar siap. Bukan hanya itu, bahkan siap untuk mensuplasi daerah lain. Di masa pandemi Covid-19 ini juga, masyarakat di Desa Ketapang ini sudah dibiasakan peduli kepada sesama. Selain itu, didirikan juga ‘lumbung sembako’ dan menanam bahan pangan lain di luar komoditi beras,” jelas M Niam.

Dalam pencanangan KTNC 2020 di Desa Ketapang ini, selain dihadiri Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi beserta jajarannya, juga nampak hadir Dir Binmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri Prasetyono SIK, Karo Log Polda Jateng Kombes Pol Gustav Leo SIKom (Pamatwil Polres Semarang), Bupati Semarang dr H Mundjirin ES SpOG, Pabung Kodim 0714 Salatiga Mayor Inf Sutriyono, Ketua Pengadilan Negeri Ikhsan Fatoni SH MH, Camat Susukan, Kades Ketapang serta tokoh masyarakat maupun tokoh agama Desa Ketapang. kop

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here