Beranda REGIONAL Kupang Tegal Jadi Contoh Pencanangaan Kampung Tangguh Nusantara Candi

Kupang Tegal Jadi Contoh Pencanangaan Kampung Tangguh Nusantara Candi

171
0
Kapolsek Ambarawa Iptu Komang Karisma SIK menyerahkan buku KTNC kepada Ketua RW 04 Kupang.

KopiPagi UNGARAN, – Dicanangkannya Kampung Tangguh Nusantara Candi (KTNC) secara serentak di wilayah hukumm Polda Jateng ini, utamanya untuk mengetahui sejauh mana penerapan atau pelaksanaan ‘protokol kesehatan’ dalam rangka ‘New Normal’ dalam kehidupan masyarakat.

Pencanangan ini hanya simbolis, yang utama dan terpenting adalah aplikasi dan aktionnya di kehidupan sehari-hari. Demikian ditegaskan Kapolsek Ambarawa Iptu Komang Karisma SIK, disela Pencanangan KTNC di RW 04 Kupang Tegal, Kelurahan Kupang, Kecamataan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jumat (19/06/2020).

“Untuk pencanangan KTNC ini hanya simbolis, namun yang utama dan penting adalah aplikasi dan pelaksanaan di lapangan atau dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bagaimana dalam penerapan ‘New Normal’ mendatang, masyarakat siap untuk tetap patuh dan taat akan protokol kesehatan. Ini yang harus benar-benar dimengerti dan dipahami masyarakat secara umum,” tandas Iptu Komang Karisma SIK.

Camat Ambarawa Suharnoto SSos menyatakan, bahwa dengan pencanangan KTNC ini, ke depan bagaimana implementasinya di lapangan. Masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Kupang dapat menjadi contoh dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Langkah ini dinilainya telah bersinergi dalam pencegahan penyebaran Covid 19. Apalagi, di Kupang Tegal ini, dalam pengamatannya, untuk pelaksanaan protokol kesehatan sudah dapat diterima sebagian besar masyarakat di RW 04 Kupang Tegal.

“Harapannya, masyarakat Kupang Tegal ini kedepan dapat menjadi contoh warga yang lain di Kelurahan Kupang. Pada intinya, hukumnya wajib untuk pelaksanaan protokol kesehatan dan ini harus dipatuhi seluruh warga. Apalagi, sekarang ini kondisi lingkungan Kupang Tegal yang padat penduduknya namun kebersihan lingkungannya benar-benar sangat terjaga. Untuk itu, pada pelaksanaan ‘New Normal’ mendatang, hendaknya masyarakat sudah benar-benar siap. Sehingga, penularan Covid-19 akan dengan mudah dipatahkan,” jelas Suharnoto SSos dalam sambutannya.

Warga Kupang Tegal Layak Dicontoh

Sementara itu, Lurah Kupang Drs Suryandaru menyatakan, bahwa sebelum pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi (KTNC) ini, di RW 04 Kupang Tegal ini telah ada Satgas  Covid-19, Satgas Jogo Tonggo, serta Kampung Siaga Covid-19. Semua itu, tujuannya sama yaitu sebagai sarana menanggulangi penyebaran Covid-19. Bahkan khususnya di RW 04 Kupang Tegal ini telah terbentuk Relawan Sistem Informasi Kupang (Resik), yang didalamnya terkait dengan keamanan, ekonomi, hiburan maupun system informasi.

Lurah Kupang Suryandaru bersama istri saat memberikan contoh cuci tangan kepada tamu undangan.

“Tim ‘Resik’ ini siap dalam membantu sosialisasi dalam hal permasalahan keamanan, perekonomian, kesehatan maupun hiburan khususnya di wilayah Kelurahan Kupang. Tim ini menjadi percontohan untuk RW-RW lain di Kelurahan Kupang ini, yang intinya tim ini akan terlibat dalam berbagai aspek penanganan di masyarakat khususnya di Kupang Tegal maupun secara umum di wilayah Kelurahan Kupang,” kata Suryandaru kepada koranpagionline.com.

Ditambahkan, bahwa semua ini perlu pemikiran bersama, karena kebersamaan dan kegotongroyongan itu yang diperlukan. Bukan itu saja, bahkan di RW 04 Kupang Tegal ini juga telah menyiapkan ‘Lumbung Pangan’ yang di dalamnya menyediakan aneka kebutuhan pangan yang dapat diperoleh siapapun secara gratis. Dan ini telah berjalan sejak pandemi Covid-19 muncul. Begitu juga, tempat karantina tersedia dengan representatif. Tempat ini sengaja disediakan untuk pendatang atau pemudik yang datang di Kupang Tegal, yang harus menjalani karantina selama 14 hari.

“Harapannya, apa yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Kupang Tegal khususnya dapat dilaksanakan pula oleh masyarakat lain di Kelurahan Kupang ataupun lebih besar di Kecamatan Ambarawa. Terkait dengan menyabut ‘New Normal’ mendatang, hendaknya masyarakat tetap melaksanakan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan dalam kehisupan sehari-hari. Intinya, jika sekarang telah terbiasa dengan pelaksanaan protokol kesehatan, nantinya dengan ‘New Normal’ harus lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Ini semua demi mematahkan penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Dalam pencanangan KTNC di RW 04 Kupang Tegal ini, selain hadir Lurah Kupang Drs Suryandaru dan istri selaku Ketua PKK Kupang Ny Suryandaru selaku tuan rumah, nampak pula Camat Ambarawa Suharnoto SSos, Kapolsek Ambarawa Iptu Komang Karisma SIK, Danramil Ambarawa Kapten Romdani, Bhabinkamtibmas Kupang Aipda Sugeng, Babinsa Kupang Sertu Asnawi. Selan itu, Ketua RW 04 Kupang Tegal Ir Sugeng Widodo, Ketua LPMK Kupang Drs Subagyo Santoso, para Ketua RW se Kel Kupang serta pengurus PKK maupun Karang Taruna Kupang Tegal.

Disela pencanangan itu, diisi hiburan penampilan ketrampilan dan atraksi dari anggota PSHT yang diperagakan karang taruna dari Kupang Tegal. Usai pencanangan, seluruh tamu undangan menikmati hidangan tradisionil. Diantarannya Sate Kere, Klepon, Gethuk, Bubur Opak, Gedar Pecel, Lopis Kapur, Sayur Lodeh Lompong dan lainnya. Menu masakan dan snack tradisonil ini sengaja disajikan oleh ibu-ibu PKK Kupang Tegal. kop.

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here