Beranda REGIONAL Seorang Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pagi Diliburkan Lima Hari

Seorang Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pagi Diliburkan Lima Hari

157
0

KopiOnline SALATIGA, – Buntut adanya seorang pedagang Pasar Pagi Salatiga yang positif Covid-19, akhirnya ditemukan lima orang yang sempat kontak dengan pedagang tersebut menjalani karantina mandiri. Hal ini, sesuai hasil tracing yang telah dilakukan, kelima orang tersebut semuanya merupakan warga Kabupaten Semarang.

Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menyatakan, bahwa sampai sekarang ini khususnya pedagang Pasar Pagi, belum ditemukan orang yang terpapar Covid-19. Harapannya, hal itu tidak ada dan tidak terjadi. Namun, harus tetap waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Bahkan, jika banyak yang menghendaki Pasar Pagi Salatiga sementara ditutup terlebih dahulu, hal ini tidak dapat dilakukan.

“Pasar Pagi Salatiga akan libur pada menjelang lebaran dan setelah lebaran, jadi libur hanya lima hari, mulai 24 Mei hingga 28 Mei 2020. Harapannya, pedagang dan pengunjung di Pasar Pagi dengan patuh akan protokol kesehatan, tidak akan terpapar positif Covid-19,” kata Yuliyanto kepada koranpagionline.com, Selasa (19/05/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraida SKM MKes menyatakan, bahwa hingga hari ini Selasa (19/05/2020), ada tiga orang positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Ketiganya adalah dengan jenis kelamin laki-laki dua orang dan perempuan satu orang. Sedangkan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada empat orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada tiga orang. Sementara untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) mencapai jumlah 55 orang, sehingga total keseluruhannya sebanyak 315 orang.

“Untuk kategori OTG itu, risikonya tertular dari pasien positif Covid-19, hal ini disebabkan pernah kontak dengan mereka. Sebagai contohnya, mereka itu merupakan rekan satu ruangan kerja ataupun sebagai petugas kesehatan namun dalam melaksanakan penanganan tidak memakai APD lengkap. Himbauan saya, kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika bersinggungan dengan orang lain yang ditemuinya,” jelas Siti Zuraidah. Heru Santoso..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here