Beranda REGIONAL Daerah Bebas Covid-19 (Zona Putih), Dapat Menggelar Salat Idul Fitri 2020

Daerah Bebas Covid-19 (Zona Putih), Dapat Menggelar Salat Idul Fitri 2020

143
0

KopiOnline UNGARAN, – Khususnya di daerah yang bebas kasus Covid-19, masyarakat dapat menggelar salat Idul Fitri di tahun 2020 ini. Tetap, untuk jumlah jamaah yang mengikutinya harus tetap patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Demikian ditegaskan Bupati Semarang H Mundjirin, disela menterahklan bantuan paket sembako di Aula Masjid Agung Al-Mabrur, Ungaran, Kab Semarang, Senin (18/05/2020).

“Khususnya di daerah yang bebas kasus Covid-19 di Kabupaten Semarang ini, dapat menggelar salah Ied, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemrerintah. Diantaranya, jumlah jamaah harus dibatasi serta harus tetap menjaga jarak. Ini sesuai dengan fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 yang menjadi panduan pelaksanaan salat Idulfitri di masa pandemi Covid-19,” kata H Mundjirin.

Menurutnya, untuk protokol kesehatan tersebut di antaranya para jamaah harus tetap memakai masker, mengenakan pakaian yang bersih, serta sebelum melaksanakan salah harus mencuci tangan. Terkait dengan daerah di Kabupaten Semarang yang hingga kini berstatus zona putih adalah wilayah Kecamatan Sumowono, Bandungan, Bawen, serta Pabelan. Sedangkan 15 kecamatan yang lain berstatus zona merah Covid-19.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Semarang, HM Zaenal Abidin menyatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung adanya pelaksanaan salat Idulfitri di zona bebas kasus virus Covid-19 di Kabupaten Semarang. Khususnya, daerah zona merah Covid-19 di kabupaten ini, sebaiknya memang tidak digelar salat Idul Fitri. Pelaksanaan salat Idulfitri di beberapa masjid dan musala ini intinya agar tidak terjadi jamaah yang berjubel di satu masjid saja.

“Kami sangat mendukung adanya salat Idul Fitri di daerah bebas Covid-19 tersebut, hanya saja tetap harus memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan, diantaranya antar jamaah harus menjaga jarak serta tetap memakai masker,” tandasnya. Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here