Beranda MEGAPOLITAN 36 Mahasiswa STT Bethel Petamburan Positif Covid-19, Diangkut ke RSD Wisma Atlet

36 Mahasiswa STT Bethel Petamburan Positif Covid-19, Diangkut ke RSD Wisma Atlet

62
0
Seluruh mahasiswa STT Bethel yang positif virus Corona dibawa ambulan ke RS Darurat Wisma Atlit Kemaayoran.

KopiOnline JAKARTA,- Sebanyak 36 orang penghuni Asrama Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethel, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang positif terpapar virus Corona (Covid-19), dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

“Semalam jam 20.00 seluruh mahasiswa yang positif tersebut masuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran,” ujar  Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogab Wilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Jumat (17/04/2020).

Selain itu, 180 mahasiswa lain yang juga menghuni asrama kini menjalani isolasi di asrama. Saat ini, penjagaan di sekitar asrama juga diperketat. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengatakan, jika ada dari 98 orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Asrama STT Bethel terinfeksi Covid-19 maka langsung akan dilakukan isolasi ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

“Hari ini kami disinfektan, kami semprot kamar-kamar dan ruangan yang ada di sana, kami semprot untu meminimalisir peneyebaran virus Corona,” kata Kapolres usai meninjau Asrama STT Bethel, Jakarta Pusat, Jumat.

Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengonfirmasi di dalam asrama masih ada 98 mahasiswa dengan status ODP jalani isolasi mandiri di Asrama.

“98 mahasiswa yang jalani isolasi mandiri di Asrama tidak izinkan untuk keluar. Kami juga menyiagakan tim gabungan TNI-Polri serta Satpol PP untuk penjagaan di Kawasan Asrama,” jelasnya. 

Sementara itu, Lurah Petamburan, Setiyanto, mengatakan, sebelum para mahasiswa tersebut dikirim ke RSD Covid-19 Wisma Atlet diketahui sudah ada mahasiswa yang masih dalam kategori PDP.

Hal ini berdasarkan pemeriksaan dari kepala Puskesmas, ada mahasiswa PDP yang sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng.

Mahasiswa PDP yang dirawat di RSUD Cengkareng itu menulari rekan-rekannya yang berada di asrama. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ada puluhan mahasiswa yang positif Covid-19. 

“Saat itu juga para mahasiswa langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat,” katanya.

Lulung: Tindak Tegas Penghuninya

Di tempat terpisah, pasca evakuasi puluhan penghuni asrama STT Bethel Indonesia Petamburan yang divonis  positif covid-19, Anggota DPR RI, Lulung Abraham Lunggana mulai bersuara. Ia meminta agar penghuni asrama tersebut ditindak tegas. 

Anggota DPR RI, Lulung Abraham Lunggana Foto Istimewa

“Saya minta pihak berwenang beri perhatian khusus. Sekarang tindak tegas, kan kemarin sudah social distancing selama tiga hari, sekarang tindakan untuk segera diisolasi hingga dievakuasi ke rumah sakit rujukan dan lakukan pemeriksaan,” kata Lulung seperti dikutip Antara, Jumat (17/04/2020).

Menurut dia, tindakan isolasi jangan ditunda hingga terjadi lagi penyebaran di satu lokasi. Pemerintah harusnya belajar dari kejadian penyebaran Covid-19 di wilayah lain khususnya pada jamaah Masjid Kebon Jeruk. 

“Enggak boleh ada cerita, ingat Masjid Kebon Jeruk ditutup, rupanya kena juga semuanya 73 orang. Kasihan mereka ini. Pengelola Yayasan juga mohon kerjasamanya lebih baik dikeluarkan dulu dan dijaga pihak berwajib,” ujar Lulung.

Lulung mengungkapkan belum mengetahui asal mula penyebaran Covid-19 tersebut, padahal dirinya merupakan warga di sekitar Wisma Bethel. 

“Kami juga baru tahu ada kasus. Untuk penyebabnya kami akan cari tahu bersama dengan lurah. Tadinya di Kelurahan ini ada dua kasus di RW 05 masyarakat kampung, tahu-tahu jadi tertinggi, ternyata di wisma itu banyak,” kata Lulung.

Lulung menambahkan masyarakat harus membantu dengan usahanya sendiri dalam menjaga kesehatan dan pola hidup bersih dan lainnya.

“Ini bukan lagi urusan negara dan pemerintah, ini urusan rakyat semesta dan kita harus bahu membahu gotong royong membangun kesadaran di masing-masing rumah, ajak orang lain sadar, jaga kesehatan diri sendiri dengan mengikuti protap (prosedur tetap) kesehatan pemerintah,” ucap dia.

Diketahui saat ini, wilayah Petamburan, Jakarta Pusat ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 dengan jumlah 180 kasus dugaan positif.

Sebanyak 36 pasien dugaan positif Covid-19 dari Asrama Bethel Petamburan itupun dievakuasi ke Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang telah dijadikan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19. Otn/ant/kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here