Beranda REGIONAL Kadishub Salatiga, Sidqon: Alihkan Jalur Angkutan Umum dari Luar Daerah

Kadishub Salatiga, Sidqon: Alihkan Jalur Angkutan Umum dari Luar Daerah

33
0
Sidqon Effendi, Kepala Dishub Salatiga

KopiOnline SALATIGA,- Untuk memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga telah merencanakan melakukan pengalihan jalur angkutan umum dari luar daerah melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga. Nantinya, angkutan umum dari luar daerah yang masuk Salatiga akan dialihkan harus melewati JLS. Demikian ditegaskan Sidqon Effendi, Kepala Dishub Salatiga kepada koranpagionline.com, Selasa (31/03/2020).

“Kami telah merencanakan dan akan segera dilakukan, seluruh angkutan umum dari luar daerah yang akan masuk Salatiga harus lewat JLS. Dan untuks ementara tidak bisa masuk wilayah kota. Nantinya, akan ada petugas yang mengawasinya,” kata Sidqon.

Ditambahkan, khususnya untuk para penumpang angkutan umum di Terminal Tingkir telah mulai dilakukan pemeriksaan oleh tim khusus. Ini dilakukan untuk penumpang antar kota antar provinsi (AKAP). Bahkan, di komplek terminal Tingkir, telah didirikan posko pemeriksaan. Selain itu, Dishub juga melakukan pendataan jumlah penumpang khususnya penumpang bus yang akan mudik.

“Tidak kurang seratusan penumpang dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi maupun Tangerang yang akan mudik tempat asalnya, telah dilakukan pemeriksaan saat transit di Terminal Tingkir Salatiga. Jumlah ini, diyakini masih akan bertambah seiring dengan kondisi sekarang ini,” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah agen bus AKAP di Terminal Tingkir mengakui jika sudah mulai ada pemudik yang datang atau turun di terminal ini. Namun, mereka rata-rata bukan warga Salatiga da di terminal hanya transit untuk selanjutnya menuju rumahnya di wilayah Kabupaten Semarang. Untuk jumlahnya yang belum terlalu banyak.

“Para pemudik yang datang atau turun di Terminal Tingkir Salatiga, rata-rata bukan warga Salatiga namun dari Kabupaten Semarang yang tidak jauh dengan Salatiga. Jumlahnya pun belum terlalu banyak. Mereka saat di terminal ini, juga telah melakukan pemeriksaan oleh tim khusus yang stanby di Terminal Tingkir,” ujar Rudy Setyono (48) salah seorang pengelola agen bus AKAP jurusan Wonogiri – Jakarta. Heru Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here