Beranda NASIONAL Waspada, Makassar & Pontianak Wilayah Transmisi Lokal Corona di Luar Jawa

Waspada, Makassar & Pontianak Wilayah Transmisi Lokal Corona di Luar Jawa

198
0

KopiOnline JAKARTA,- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan Makassar, Sulawesi Selatan dan Pontianak, Kalimantan Barat sebagai wilayah transmisi lokal baru Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19. Untuk diketahui, transmisi lokal merupakan skenario penularan COVID-19 antara orang per orang yang terjadi di suatu wilayah.

Data pasien hingga Kamis (26/03/2020), berdasarkan data dari posko COVID-19 Dinkes Kalbar per 25 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, jumlah ODP di Kalbar mencapai 2.031 orang, dengan jumlah positif COVID-19 ada 3 orang. Sementara itu PDP berjumlah 37 orang, dua orang di antaranya meninggal dunia.

Sementara di Sulsel saat ini jumlah pasien bertambah 14 sehingga totalnya kini jadi 27 orang yang dinyatakan positif. Sementara itu Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 202 orang dan, sedangkan 81 orang dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Keberadaan dua provinsi baru itu sekaligus menambah lima provinsi lain yang telah lebih dulu menjadi transmisi lokal COVID-19. Total kini ada tujuh provinsi transmisi lokal corona. Sementara untuk kota/kabupaten kini ada 16 wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan status tersebut kepada DKI Jakarta, Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan), Jawa Barat (Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Karawang), Jawa Tengah (Solo), dan Jawa Timur (Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan, dan Kota Surabaya).

Jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia per 26 Maret diketahui bertambah hingga 893 orang. Dari jumlah tersebut, 78 pasien meninggal dan 35 orang lainnya sembuh.

Sebaran pasien COVID-19 saat ini sudah ada di 27 provinsi di Indonesia. Jumlah pasien terbanyak masih berasal dari Jakarta. Tercatat ada 515 kasus di Jakarta, diikuti Jabar sebanyak 78 kasus, Banten 67 kasus, Jatim 59 kasus, dan Jateng 40 kasus.

Daftar wilayah transmisi lokal Corona:

DKI Jakarta.
Banten: Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan
Jawa Barat: Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota
Depok, dan Karawang.
Jawa Tengah: Solo.
Jawa Timur: Kabupaten Malang, Magetan dan Kota Surabaya.
Sulawesi Selatan: Makassar
Kalimantan Barat: Pontianak
Otm/kop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here