Beranda REGIONAL Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pasbar Dirikan Tiga Posko Perbatasan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pasbar Dirikan Tiga Posko Perbatasan

9
0
Salah satu Posko di Perbatasan Kab. Pasaman yang didirikan .

KopiOnline PASBAR,– Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah Pasaman Barat Sumatera Barat, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mendirikan Posko di tiga titik daerah perbatasan Kabupaten Pasbar.

Tim Gugus Tugas sesuai instruksi mendirikan Posko yang tersebar di Ranah Batahan perbatasan dengan Sumut. Dan di Kinali yang berbatasan dengan Kabupaten Agam serta di Sinuruik yang berbatasan dengan Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Pelaksana Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Pasaman Barat, Edi Busti kepada media mengatakan, pendirian Pokso pengawasan perbatasan berdasarkan Instruksi Gubernur dan upaya pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid 19 di Pasaman Barat.

“Setelah mendapatkan instruksi dan rapat di daerah, Tim Gugus Tugas langsung bergerak cepat untuk mendirikan Pokso di perbatasan pintu masuk Pasaman Barat,” ujar Edi Busti, Sabtu (21/03/2020).

Posko pengawasan perbatasan yang sudah didirikan tersebut akan diisi oleh sejumlah personil dari berbagai instansi, di antaranya Dinas Kesehatan, Dishub, TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD Pasaman Barat.

Edi menerangkan bahwa setiap instansi telah memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Disamping itu di setiap Posko juga akan disediakan satu unit ambulance dan petugas medis untuk memeriksa setiap masyarakat yang masuk ke Pasaman Barat.

“Setiap masyarakat dan kendaraan yang masuk akan di kita periksa, jika ada kondisi atau suhu tubuh melebihi standar akan di periksa intensif atau di bawa ke RSUD,” ujarnya.

Edi Busti menambahkan posko pengawasan perbatasan juga akan memeriksa kendaraan yang ke luar, agar stok pangan di Pasaman Barat tetap terjaga dan aman. Jika terbukti ada aksi yang melanggar hukum akan ditindak sesuai aturan berlaku. Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here