Beranda BIVEST Lion Air & Batik Air Pindahkan Layanan Ops dari Bandara Adisutjipto ke...

Lion Air & Batik Air Pindahkan Layanan Ops dari Bandara Adisutjipto ke YIA

22
0
Lion Air pesawat Boeing 737-800NG beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Foto oleh Dian Cahyadi @dxelvn.

KopiOnline YOGYAKARTA, – Lion Air (kode penerbangan JT) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru sehubungan layanan penerbangan dari dan menuju Yogyakarta melalui Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG) akan dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA).

Operasional (Ops) ini merupakan perpindahan keseluruhan penerbangan Lion Air dan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto.

Perpindahan jaringan penerbangan domestik dari dan menuju Yogyakarta Kulonprogo (YIA) efektif mulai Minggu, 29 Maret 2020.

Lion Air dan Batik Air akan memindahkan jaringan di Yogyakarta Kulonprogo sekaligus menandai sebagai bandar udara kedua di Yogyakarta dan bandar udara kelima di kawasan Jogja Solo Semarang (Joglosemar) yang dilayani Lion Air Group untuk penerbangan sipil komersial.

Lion Air berencana mengoperasikan 46 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani 14 kota tujuan domestik, terdiri dari:
Padang – Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (PDG),
Pekanbaru – Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Riau (PKU),
Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Kepulauan Riau (BTH),
Palembang – Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM),
Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK),
Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ),
Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN),
Samarinda – Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kalimantan Timur (AAP),
Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG),
Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS),
Mataram – Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok Praya, NTB (LOP).
Layanan Lion Air yang telah dioperasikan (existing) penerbangan di Yogyakarta Kulonprogo, yakni tujuan:
Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO),
Pontianak – Bandar Udara Internasional Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK),
Tarakan – Bandar Udara Internasional Juwata, Kalimantan Utara (TRK),
Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

Batik Air menyediakan 24 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Yogyakarta Kulonprogo, melayani empat kota tujuan domestik, yaitu:
Jakarta – Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP).
Rute Batik Air saat ini yang sudah beroperasi di Yogyakarta Kulonprogo, mencakup kota tujuan, sebagai berikut:
Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK),
Samarinda – Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Kalimantan Timur (AAP),
Palangkaraya – Bandar Udara Tjilik Riwut, Pahandut, Kalimantan Tengah (PKY).

Lion Air dan Batik Air senantiasa menyediakan layanan penerbangan terbaik yang masih dapat diakses atau dijangkau. Dengan demikian, setiap tamu, pelanggan, wisatawan, pebisnis serta masyarakat dari dan menuju Yogyakarta dan sekitar memiliki alternatif perjalanan udara.

Lion Air dan Batik Air menegaskan, bahwa seluruh operasional dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP), yang mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Lion Air Group memberikan informasi kepada seluruh tamu atau penumpang yang mempunyai jadwal penerbangan dengan tujuan Yogyakarta Kulonprogo (inbound) dan dari Yogyakarta Kulonprogo (outbound) untuk melaporkan ke petugas layanan di bandar udara (customer services) atau layanan pelanggan (call center) 021-63798000 serta sosialisasi ke agen perjalanan.

Lion Air Group juga memfasilitasi kepada penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Untuk kenyamanan dan menambah pengalaman terbang, Lion Air mengoperasikan Boeing 737-800 Next Generation (NG) bekapasitas 189 kelas ekonomi dan Boeing 737-900ER dengan 215 kursi kelas ekonomi. Armada generasi modern Lion Air sudah dilengkapi interior kabin terbaru. Teknologi ini memberikan keuntungan bagi penumpang karena akan disambut nuansa kabin lebih fresh, hangat dan menyenangkan.

Beberapa pesawat sudah terpasang Lion Enternainment, fasilitas Lion Air dalam menyediakan hiburan (inflight entertainment) ketika melakukan penerbangan guna memberikan pengalaman terbang semakin menyenangkan, sesuai dinamika perkembangan saat ini.

Konten yang disediakan dalam W-IFE dari AirFi Indonesia sangat beragam dan menarik, antara lain film-film (Hollywood, Bollywood, Korea, Mandarin, Indonesia), video untuk anak-anak, majalah, permainan, percakapan pesan singkat dalam kabin (chat onboard) serta fitur unggulan yang lain.

Batik Air memberikan pengalaman terbaik setiap tamu berkesan selama penerbangan dengan salah satu armada terbaru Airbus 320-200CEO atau Airbus 320-200NEO menawarkan berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi). Seluruh armada dilengkapi inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi, jarak antarkursi (seat pitch) lega, serta sajian makanan (inflight meals).

Himbauan Perjalanan
Setiap tamu atau penumpang agar membawa dokumen dan tiket perjalanan (itinerary) yang sesuai. Lion Air Group menghimbau untuk melapor (check-in) lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan di bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in. Counter check-in Lion Air Group akan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestik.

Dalam mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, khusus layanan Lion Air jika akan membawa bagasi maka dapat membeli sesuai kebutuhan. Demikian juga, apabila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membeli bagasi.

Pelanggan yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), website www.lionair.co.id ; www.lionairthai.com dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pelanggan dapat membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. kop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here