Beranda BIVEST Gubernur Jateng Ganjar Pranowo : Buah Lokal Jateng Mulai Rambah LN

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo : Buah Lokal Jateng Mulai Rambah LN

12
0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Tunjukkan Buah yang Dipamerkan

KopiOnline SEMARANG,- Potensi buah lokal khususnya dari Jawa Tengah mulai mendapat tempat dan perhatian pasar internasional. Diantaranya buah eksotis seperti rambutan, buah naga maupun manggis kini mulai merambah pasaran ekspor ke sejumlah negara-negara.

Buah-buahan tersebut dieksport di antaranya ke Rusia dan Jerman. Demikian diungkapkan Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng disela membuka Festival Buah & Sayuran, di Alun – Alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran, Kab Semarang, Sabtu (07/03/2020).

“Festival seperti ini akan menjadi momentum penting sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan ekspor buah lokal kita. Dari sini, bagaimana selanjutnya untuk menaikkan produksi dan menjaga mutu agar mampu bersaing dengan produk dari luar negeri,” kata Ganjar.
Dalam festival buah ini, sengaja dikemas dalam pameran yang didalamnya menyajikan aneka ragam buah dan sayuran lokal. Selain itu, disuguhkan juga produk hortikultura unggulan dari sejumlah Kabupaten/Kota di Jateng ini.

“Melalui kegiatan festival ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam memenuhi kebutuhan gizi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal,” tandasnya.

Turut hadir mendampingi Ganjar Pranowo adalah Direktur Buah Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Jateng Suryo Banendro serta Bupati Semarang H Mundjirin. Pada pameran buah dan sayuran ini, 35 kabupaten/kota di Jateng ikut ambil bagian.

Sementara, Kadistanbun Jateng Suryo Banendro mengatakan, bahwa acara ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi buah lokal.

“Disini tersedia buah langka seperti Wuni dari Magelang dan Alkesa dari Blora. Sekali lagi, harapannya masyarakat akan semakin menyukai dan mengkonsumsi buah lokal,” ujarnya. Heru Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here