Beranda MARKAS Kejaksaan Siapkan SDM Unggul, Karakteristik &Kompetensi untuk Indonesia Maju

Kejaksaan Siapkan SDM Unggul, Karakteristik &Kompetensi untuk Indonesia Maju

149
0
Jaksa Agung Burhanudin

KopiOnline Jakarta,– Kejaksaan Republik Indonesia pada tahun 2020 ini siap melahirkan kembali sumber daya manusia (SDM) atau jaksa-jaksa unggul yang mumpuni, berkarakter dan kompetensi untuk Indonesia Maju.

Jaksa Agung RI, Dr Sanitiar Burhanudin SH MH, menyatakan hal itu dalam konferensi persnya di kantornya Jalan Sulran Hasanudin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan bahwa Kejaksaan RI melalui Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan sudah menyiapkan program-program unggulan yang nantinya akan melahirkan kembali jaksa-jaksa berkualitas, mumpuni, berkarakter dan memiliki kompetensi untuk Indonesia Maju.
Terkait dengan eksistensi Badiklat Kejaksaan RI sebagai “kawah candradimuka” para jaksa itu, Jaksa Agung Burhanudin mengungkapkan capaian kinerja Badiklat Kejaksaan RI diwujudkan melalui 3 sasaran.

Ketiga sasaran itu meliputi terlaksananya pendidikan dan latihan teknis fungsional dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme aparatur kejaksaan, terselenggaranya proses pendidikan dan pelatihan manajemen dan kepemimpinan serta pengelolaan urusan umum, kepegawaian, anggaran, perbendaharaan, pengelolaan akuntansi dan verifikasi, serta perlengkapan, perpustakaan dan dokumentasi.

Menurut Burhanudin, selama tahun 2019 Badiklat Kejaksaan RI yang berlokasi di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, telah melaksanakan 17 kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Kediklatan itu antara lain Diklat Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Diklat Terpadu Mineral dan Batubara, Diklat Terpadu Ilegal Fishing, Diklat Terpadu SPPA, Diklat Terpadu Kebakaran Hutan, Diklat terpadu antar Negara, Diklat Cyber Crime, Diklat Revolusi Mental untuk Pelayanan Publik Eselon IV, Diklat Kepemimpinan tingkat IV dan Diklat Kepemimpinan tingkat II.

Selama tahun 2019 Badiklat Kejaksaan RI juga melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kerjasama/Donor, antara lain, Diklat training of trainer (TOT) dalam penanganan tindak pidana terkait satwa liar yang dilindungi, bekerjasama United State Agency for International Developmen (USAID) melaksanakan Diklat tindak pidana korupsi terkait investegasi pemulihan aset 2.

Selain itu, bekerja sama dengan Office Of Overseas Prosecutorial Development, Assistence And Training (OPDAT) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta melaksanakan diklat Pembuktian perkara menggunakan barang bukti elektronik tahun 2019.

Lalu bekerja sama dengan Office of Overseas Prosecutorial Development, Assistence And Training (OPDAT) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta melaksanakan diklat penanganan perkara cyber crime dan bekerja sama dengan Office of Overseas Prosecutorial Development, Assistence And Training (OPDAT) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta melaksanakan diklat pembuktian menggunakan barang bukti elektronik.

Jaksa Agung Burhanudin menegaskan bahwa pada intinya Kejaksaan RI selalu siap melahirkan SDM atau jaksa-jaksa unggul untuk Indonesia Maju sesuai 5 arahan prioritas Presiden Joko Widodo.

Ditambahkan Burhanudin, semua program pendidikan dan pelatihan Badiklat Kejaksaan RI selama tahun 2019 akan diteruskan dan ditingkatkan lagi pada tahun 2020 dengan program –program terukur, terarah dan berkualitas guna menghasilkan dan melahirkan SDM Kejaksaan RI yang berkarakter dan memiliki kompetensi. Syamsuri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here