Beranda MEGAPOLITAN Rumah Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 di Depok Dioperasikan 2 November

Rumah Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 di Depok Dioperasikan 2 November

23
0
Rumah khusus isolasi mandiri di Kota Depok

KopiPagi DEPOK : Rumah khusus isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 yang berlokasi di RT 03/RW 03 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok akan dioperasikan mulai 2 November 2020. Saat ini berbagai persiapan tengah dilakuan untuk memaksimalkan fungsi dari fasilitas tersebut.

“Persiapannya saat ini masih renovasi. Untuk target, diperkirakan pada Senin 2 November sudah bisa terima pasien,” ujar Perwakilan Tim Health Care Barisan Bangun Negeri (HCBBN), Madha Afiatin dalam siaran pers yang diterima depoktren.com, Kamis (29/10/2020).

Dia menyebutkan, terdapat beberapa kriteria pasien Covid-19 yang dapat menempati rumah isolasi tersebut. Diantaranya, hasil Swab PCR positif, memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kelas III atau Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Apabila tidak memiliki kartu BPJS, tim HCBBN akan mensurvei rumah pasien untuk mengetahui kondisi sesungguhnya. Kriteria yang paling diutamakan, ialah pasien yang tidak memiliki penyakit penyerta,” jelas Madha.

Dia menamahkan, di rumah isolasi ini akan disediakan fasilitas rumah sakit yang tentunya juga bekerjasama dengan Puskesmas setempat. “Kemungkinan pasien yang dapat ditampung sebanyak 8-15 orang,” terang Madha.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan pasien Covid-19 di rumah singgah isolasi mandiri tersebut. Pemantauan dilakukan sampai pasien benar-benar pulih dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Dari awal akan kita klasifikasikan pasien yang bisa dirujuk ke rumah singgah isolasi mandiri tersebut. Kami akan menginformasikan kewajiban dan haknya selama berada di rumah isolasi. Selama pemantauan, kita lihat kondisi klinisnya seperti apa, sampai selesai pemantauan atau pulih,” pungkasnya. Dep/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here