Beranda REGIONAL Sejauh Mana Peran Serta Forum Pelanggan, FKP dan PDAM ‘Ngangsu Kawruh’

Sejauh Mana Peran Serta Forum Pelanggan, FKP dan PDAM ‘Ngangsu Kawruh’

8
0
Kirson, mewakili Direktur PDAM Kab Magelang saat memberikan penjelasan seputar forum pelanggan. (foto : Heru Santoso).

KopiPagi MAGELANG : Untuk mengetahui sejauh mana peran serta Forum Komukiasi Pelanggan (FKP) PDAM Kabupaten Semarang dalam melayani anggotanya maupun sebagai mitra dari PDAM, FKP PDAM Kabupaten Semarang berupaya menimba ilmu atau ‘ngangsu kawruh’ dengan PDAM Kabupaten Magelang, Selasa (27/10/2020).

Dalam ‘ngangsu kawruh’ tersebut, FKP PDAM Kabupaten Semarang diwakili Ketua Umum FKP PDAM Kab Semarang Fiq Aiunul Haq dan Koordinator FKP PDAM Cabang Ambarawa BW Heru Santoso. Keduanya didampingi Direktur Utama (Dirut) PDAM Guswakhid Hidayat dan Kabag Pelayanan Pelanggan PDAM Eko Sudiyarto. Di PDAM Kab Magelang diterima langsung Kirson (Kabag Keuangan) dan Ida (Kabag Umum dan Administrasi).

Ketua Umum FKP PDAM Kab Semarang Fiq Aiunul Haq menjelaskan, bahwa kedatangannya di PDAM Kab Magelang ini pada intinya ingin ‘ngangsu kawruh’ terkait bagaimana kiprahnya Forum Pelanggan PDAM Kab Magelang. Pasalnya, Forum Pelanggan PDAM Kab Magelang ini merupakan yang pertama kali ada diantara PDAM se Jawa Tengah. Dari sini, apa yang telah berjalan dengan baik, harapannya dapat dicontoh FKP PDAM Kab Semarang.

“Karena Forum Pelanggan PDAM Kab Magelang ini adalah yang pertama kalinya dibentuk oleh PDAM di Jawa Tengah ini. Sehingga, kami akan belajar bagaimana peran serta FKP PDAM ikut memberikan pelayanan yang terbaiknya kepada pelanggan PDAM dan bagaimana menjadi mitra yang sebenarnya dari PDAM itu sendiri,” Fiq.

Dirut PDAM Kab Semarang Guswakhid Hidayat menambahkan, bahwa kedatangan PDAM dan FKP Kabupaten Semarang ini, intinya ingin mengetahui sejauh mana peran serta maupun kiprah forum pelanggan dalam ikut berperan serta dalam melayani pelanggan PDAM. Apalagi di Kab Magelang ini, adalah yang pertama kalinya Forum Pelanggan dapat terbentuk diantara PDAM se Jawa Tengah.

Sementara itu, Kirson (Kabag Keuangan PDAM Kab Magelang) yang mewakili Direktur PDAM membenarkan jika PDAM Kab Magelang adalah yang pertama kalinya memiliki Forum Pelanggan. Bahkan, forum pelanggan ini setelah dibentuk langsung di akte notaris-kan serta SK kepengurusannya diterbitkan oleh Direktur PDAM. Selain itu, forum pelanggan ini juga dilantik oleh Direktur PDAM.

Tugas-tugas forum pelanggan ini diantaranya, membantu PDAM dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat ataupun pelanggan PDAM. Membantu penagihan rekening PDAM kepada pelanggan dan ini sifatnya mengingatkan pelanggan untuk tertib dalam membayar rekening PDAM.

“Awal berdirinya Forum Pelanggan ini kepengurusannya berjumlah 9 orang dan masa jabatannya selama 3 tahun. Selesai masa jabatan pertama, dapat dipilih kembali menjadi pengurus forum pelanggan. Namun, seiring berjalannya waktu, sampai sekarang pengurus forum pelanggan itu hanya ada 5 orang danb masa jabatannya telah selsai bulan Agustus 2020 kemarin. Dari Agustus sampai sekarng ini, belum tersusun lagi kepengurusan yang baru,” jelas Kirson.

Menurutnya, kendala utama kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara forum pelanggan dengan PDAM Kab Magelang ini, karena tidak adanya sekretariat khusus forum pelanggan. Sehingga, jalinan komunikasi dan koordinasi mengandalkan komunikasi via telepon atau WA. ***

Pewarta

Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here