Beranda REGIONAL Polres Salatiga Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Alam Terpadu

Polres Salatiga Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Alam Terpadu

10
0
Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat

KopiPagi UNGARAN : Polres Salatiga menggelar Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam Terpadu Tahun 2020 dan langkah ini sebagai salah satu antisipasi terjadinya potensi bencana alam khususnya di wilayah Kota Salatiga.

Tema yang diangkat adalah “Apel Siaga Tanggap Bencana Dan Penggelaran Sarpras Dalam Rangka Kesiapsiagaan Dan Tanggap Darurat Bencana Guna Mengantisipasi Terjadinya Bencana Alam Di Wilayah Kota Salatiga”, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Selasa (27/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat yang juga pimpinan apel adalah Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris, Wakil Ketua DPRD Salatiga Saeful Mashud, Dandim 0714 Letkol Inf Lokajaya Sembada, Wadan Denpom IV/3 Mayor CPM I Wayan Budi Astawa, Wakapolres Salatiga Kompol I Ketut Tutut, Kasatpol PP Agung Nugroho. Selain itu, Kadishub M. Sidqon Effendy, Kajari Salatiga Edy Bujasana, para PJU Polres Salatiga maupun jajaran Kapolsek.

“Bahwa, apel siaga tanggap bencana dan penggelaran sarpras ini dalam rangka menyikapi perubahan musim yang saat ini memasuki musim penghujan. Sehingga menimbulkan kerawanan khususnya banjir dan tanah longsor. Dan, diakui atau tidak hingga kini masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana,” kata Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat.

Ditambahkan, bahwa harapannya mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana. Sehingga dapat mengurangi tingkat resiko suatu bencana, juga diperlukan kerjasama dan sinergritas antar stake holder terkait khususnya dalam penanggulangan bencana alam. Tujuan utamanya, agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana, penekanan untuk diperhatikan dan dilaksanakan antara lain lakukan update data daerah rawan bencana, laksanakan penanganan bencana secara terpadu, serta mempersiapkan personil yang siap digerakan setiap saat jika terjadi bencana.

“Harapannya, jika muncul bencana alam khususnya di wilayah Kota Salatiga, dapat melaporkan segera kepada pimpinan secara berjenjang untuk segera dilaksanakan langkah cepat dan tepat,” katanya.

Disela apel bersama ini, dilakukan pula pemeriksaan pasukan dan sarana-prasarana dari masing-masing stake holder terkait. Ini jika sewaktu-waktu digunakan apabila ada kejadian bencana alam. Bahkan, dilakukan juga simulasi penanganan bencana alam tanah longsor dengan melibatkan anjing pelacak yang dimiliki Polres Salatiga,” tandasnya. ***

Pewarta

Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here