Terbaru

Sikapi Warga Ploso Kekurangan Air Bersih, PDAM Buatkan Sumur Dalam

Warga Ploso Kota Salatiga antre air bersih.

KopiPagi SALATIGA : Musim kemarau sekarang ini, sudah menjadi langganan masyarakat wilayah Ploso dan sekitarnya kekurangan kebutuhan akan air bersih, bahkan selama musim itu pula untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga/masyarakat harus mencarinya hingga luar daerah ataupun menunggu pengiriman air atau dropping air dari PDAM maupun lembaga atau organisasi kemasyarakatan.

H Samino, Direktur PDAM Kota Salatiga. (foto : Heru Santoso).

Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Kota Salatiga, Satria Aji mengatakan, bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih warga Ploso dan sekitarnya, yang langganan mengalami kekurangan air di musim kemarau, PDAM Kota Salatiga telah mengupayakan membuat sumur artesis atau sumur dalam di daerah Sugihwaras. Harapannya, dengan adanya sumur-sumur baru tersebut, pelayanan kebutuhan air bersih warga dapat terpenuhi.

“Selain pembuatan sumur di daerah Sugihwaras, PDAM juga membuat hal serupa di daerah Randuacir. Air dari sumur di Randuacir ini nantinya untuk mengcover masyarakat di Ploso dan sekitarnya juga. Sedangkan untuk droping air bersih di wilayah itu, PDAM selalu melakukannya selama musim kemarau khususnya di wilayah Kecamatan Argomulyo,” kata Yayak demikian biasa dipanggil kepada koranpagionline.com, Minggu (18/10/2020).

Sementara Direktur PDAM Kota Salatiga, H Samino menambahkan, bahwa hingga sekarang ini, PDAM telah membuat tiga sumur di wilayah Kelurahan Randuacir dan 3 sumur lagi di wilayah Kelurahan Kumpulrejo, yang semuanya masuk Kecamatan Argomulyo. Hingga sekarang ini, masih dalam proses pemasangan jaringan perpipaan serta jaringan mekanikel elektrik.

“Sementara itu, 6 sumur dibuat di dua wilayah kelurahan dan kini masih dalam proses pengeboran untuk sumur baru. Harapannya, masing-masing sumur nantinya dapat memenuhi sebanyak 300 sambungan rumah tangga. Yang jelas, PDAM terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan air bersih khususnya di wilayah yang sulit menndapat air bersih,” jelas Samino.

Terpisah, Walikota Salatiga H Yuliyanto menyatakan, bahwa dalam rangka menyikapi masalah kurangnya kebutuhan air bersih di daerah Ploso dan sekitarnya di Kecamatan Argomulyo itu, Pemkot Salatiga melalui PDAM telah membuat dan mempersiapkan tambahann sumur baru di Kecamatan Argomulyo.

“Kita akui, bahwa setiap musim keemarau tiba, sejumlah wilayah di Kecamatan Argomulyo khususnya di tiga kelurahan di daerah Kelurahan Randuacir, Kumpulrejo serta Noborejo memang rawan kekurangan air bersih. Bahkan, masalah ini selalu muncul di saat kemarau. Kita menyikapinya dengan menambah pembuatan sumur dalam baru di sejumlah titik. Harapannya, sumur-sumur baru itu debit airnya dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga,” tandasnya. ***

Pewarta

Heru Santoso.

Leave a comment