Terbaru

Revitalisasi Pasar Balige Berlantai Dua Sedot Anggaran Kemen PUPR Rp 23,6 M

Kepala Dinas Koperinkob dan UKM Toba Ir. Tua Pangaribuan, pasar Balige pada Nopember 2020 di revitalisasi. Foto, Julius P. Siahaan.

KopiPagi TOBA : Pasar Balige Kabupaten Toba Sumatera Utara (Sumut), akan direvitalisasi dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2020. Pembangunan fisik pasar Balige berlantai 2 dengan pagu Rp 23,6 milyar ini akan dilakukan mulai November 2020.

“Pengerjaaan akan dilaksanakan mulai November 2020 sampai 2021. Anggarannya multiyear,” sebut Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Perinkop dan UKM) Kabupaten Toba Ir Tua Pangaribuan, Rabu (14/10/2020).

Revitalisasi pasar yang berada di pusat kota Balige ini, lanjut mantan Kadis Pertanian Toba ini, bahagian dari penataan kota Balige sebagai bagian dari kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) super prioritas Danau Toba.

Untuk para pedagang yang sehari-harinya berdagang di dalam pajak, akan direlokasi ke lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

“Aktivitas perdagangan tidak ada lagi nanti di pasar Balige. Mereka (pedagang red), sementara kita relokasi ke Lapangan Sisingamangaraja,” katanya.

Dalam rangka pembangunan pasar dimaksud, lanjutnya lagi, telah dilakukan sosialisasi kepada para pedagang. “Ada 570 pedagang. Telah kita sosialisasikan pembangunan dimaksud,” pungkasnya. ***

Pewarta

Julius P. Siahaan.

Leave a comment