Terbaru

Tim Gabungan Kota Salatiga Gelar Operasi Yustisi Pemakaian Masker

Suasana operasi yustisi di salah satu lokasi di Kota Salatiga. (foto : Heru Santoso).

KopiPagi SALATIGA : Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri maupun Satpol PP Pemkot Salatiga dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 menggelar operasi yustisi terhadap masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan khususnya tidak pakai masker dan menjaga jarak di wilayah Kota Salatiga, Senin (14/09/2020).

Sebelum pelaksanaan operasi yustisi tersebut, diawali dengan Apel Gabungan yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum (Tibum) Tramlinmas Kusdiyanto SH yang didampingi Kasat Sabhara Polres Salatiga AKP Hari Slamet SSos. Operasi yustisi ini dikonsentrasikan pada dua lokasi yaitu di kawasan Alun-Alun Pancasila Salatiga dan kawasan Jalan Jenderal Sudirman Salatiga.

“Apel bersama ini menindaklanjuti dari perintah pimpinan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Salatiga. Nantinya akan dilakukan penertiban pada masyarakat yang masih belum memakai masker dan masih berkerumun tidak menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Initnya, masyarakat yang belum patuh pada protokol kesehatan pencegahan Covid – 19,” kata Kusdiyanto di sela operasi yustisi di kawasan Alun-Alun Pancasila Salatiga, Senin (14/09/2020) siang.

Tim gabungan juga memberikan enam teguran terhadap warga yang berkerumun. Saat itu juga dibubarkan serta ada tiga teguran dengan sangsi sosial ditegur didepan umum bagi warga yang tidak memakai masker. Kemudian, dalam operasi yustisi di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan Pasar Raya Salatiga ada delapan teguran pada warga yang berkerumun dan selanjutnya dibubarkan.

“Teguran bagi warga yang terjaring operasi yustisi tersebut, dikenakan sanksi sosial berupa terguran dilakukan didepan massa. Himbauan kepada masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Yaitu selalu mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun,” ujar Kasat Sabhara Polres Salatiga AKP Hari Slamet Trianto SSos.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, bahwa Polres Salatiga bersama seluruh stake holder terkait senantiasa selalu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan, selalu menyuarakan pendisiplinan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

“Intinya, kami tidak henti-hentinya selalu menyuarakan untuk tetap patuh pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Kita dari Polres Salatiga selalu bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh eleen masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandas AKBP Rahmad Hidayat melalui Kasubag Humas Polres Salatiga AKP Djoko Lelono. ***

Pewarta : Heru Santoso

Leave a comment