Beranda PERISTIWA Pabrik Plastik PT Indo Sakura Indah di JLS Salatiga Cebongan Terbakar

Pabrik Plastik PT Indo Sakura Indah di JLS Salatiga Cebongan Terbakar

2301
0

KopiPagi SALATIGA : Kebakaran hebat menimpa pabrik plastik PT Indo Sakura Indah (ISI) di Jalur Lingkar Salatiga (JLS) Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga pada Jumat (28/08/2020) sekitar pukul 10.00 wib dan dari kebakaran itu dua orang pekerja mengalami luka akibat kebakaran tersebut dan kini menjalani perawatan di RS ‘Puri Asih’ Salatiga.

“Saat mendengar jika pabrik ada kebakaran, kami panik dan bingung. Mendengar kabar itu, kami yang sudah bekerja bingung, takutnya merembet ke ruangan lain karena api langsung membesar dan para karyawan langsung berhamburan keluar dari dalam ruangan. Sesaat kemudian beberapa mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran,” ujar beberapa karyawan pabrik yang enggan disebutkan namanya kepada koranpagionline.com, Jumat (28/08/2020) siang.

Untuk melakukan pemadaman, tidak kurang tujuh mobil damkar membantu memadamkan api yang terus membesar melahap pabrik plastik itu. Kurang lebih jam 13.00 wib, api berhjasil dipadamkan. Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, bahwa dalam memadamkan api yang melumat pabrik plastik ini melibatkan sebanyak tujuh mobil damkar. Diantaranya dari Damkar Salatiga serta beberapa mobilo Damkar dari Kabupaten Semarang. Para petugas pemadam kebakaran berjibaku dalam memadamkan api agar tidak merembet dan sekitar pukul 13.00 wib, api berhasil padam.

Suasana pabrik plastik yang terbakar. (foto : Heru Santoso).

“Untuk mengetahui penyebab kebakaran, sampai sekarang petugas masil melakukan penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah saksi. Bahkan, petugas Labfor masih juga melakukan penyelidikan. Dari keterangan semetara sejumlah saksi, diduga penyebab kebakaran dari para pekerja yang sedang memperbaiki  ruang oven pabrik pengolahan plastik tersebut,” kata AKBP Rahmad Hidayat kepada koranpagionline.com, Jumat (28/08/2020) siang.

Bahkan, ada keterangan yang mengatakan jika oli dari mesin di ruang oven bocor. Beruntung, dalam kebakaran itu, api meski membesar tidak merembet ke pemukiman warga karena lokasinya memang berdekatan. Untuk membantu pemadaman api, warga sekitar pabrik bergotong royong membantu petugas.

“Meski api telah padam, kami dari Polres Salatiga maupun Kodim 0714 Salatiga tetap melakukan pengamanan di kawasan pabrik. Untuk kerugian akibat kebakaran tersebut, belum dapat disebutkan sekarang, masih menunggu pemeriksaan dan penyelidikan petugas,” tandasnya.

Dalam sekejap, jalur depan pabrik plastik tersebut padat dipadati warga yang ingin melihat kebakaran. Bahkan, petugas Satlantas Polres Salatiga juga disibukkan mengatur arus lalu lintas di JLS. Karena semakin siang warga terus berdatangan untuk melihat pabrik yang belum lama berdiri itu. Kop.

Pewarta :        Heru Santoso

Editor     :       Mastete Martha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here