Beranda LIFE Bupati Simalungun : Kepala Puskesmas itu Meninggal Dunia Sebagai Pahlawan Covid-19

Bupati Simalungun : Kepala Puskesmas itu Meninggal Dunia Sebagai Pahlawan Covid-19

236
0

KoranPagi SIMALINGUN : Menyedihkan, diduga akibat Covid-19, seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, meninggal dunia, Selasa (18/08/2020) sekira pukul 22.30 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Diketahui sebelumnya, dr Edwar F Sipayung yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas di Kabupaten Simalungun sempat menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Kota Pematangsiantar, Simalungun dan di Kota Medan sebelum dinyatakan meninggal dunia dengan status positif Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Simalungun JR Saragih kepada awak media.

“Beberapa hari lalu, almarhum sudah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit, baik Siantar maupun Simalungun, bahkan sampai ke Medan dan almarhum dikatakan positif Covid-19,” ucap Bupati Simalungun sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan (GTPP) Covid-19, di RSUD Djasamen Saragih, pada Rabu (19/08/2020).

Bupati JR Saragih juga mengatakan, bahwa almarhum dr Edwar F Sipayung sempat membaik dan diijinkan melakukan isolasi mandiri. Namun, pada Selasa, dr Edwar F Sipayung datang ke RSUD Djasamen Saragih untuk mendapatkan penanganan, lalu meninggal dunia pada Rabu (19/08/2020).

Lebih lanjut JR Saragih juga mengatakan, penguburan almarhum akan dilakukan dengan standar protokoler kesehatan yang berlaku.

“Menurut yang kami terima dari Direktur RSUD, almarhum positif rapid test, sehingga penguburannya harus dilakukan sesuai protokoler kesehatan,” ucap JR Saragih.

JR Saragih juga mengatakan, bahwa almarhum adalah seorang pahlawan Covid-19 karena telah berjuang dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 selama pandemi.

Informasi dihimpun, dr Edwar F Sipayung sebagai Pahlawan Covid-19 dan salah seorang Kepala Puskemas di Kabupaten Simalungun meninggal dengan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

“Almarhum seorang dokter dan sebagai kepala Puskesmas di Kabupaten Simalungun, Ia meningal dunia sebagai Pahlawan Covid-19″ di Kabupaten simalungun,” kata Bupati JR Saragih.

Informasi lebih lanjut, dr Edwar F Sipayung sebelumnya sudah pernah menjalani perawatan medis di Kota Medan karena penyakit penyerta yang dialaminya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun dr Lidya Saragih ditemui di lokasi pemakaman, Rabu (19/08/2020) membenarkan pasien meninggal merupakan Kepala Puskemas di Kabupaten Simalungun.

Terkait lamanya dilakukan pemakaman, dr Lidya mengatakan setelah meninggal bisa tidak langsung dimakamkan.

“Sesuai SOP terbaru tidak bisa lewat dari 24 jam,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel Siregar mengatakan, bahwa dr Edwar F Sipayung sudah pernah menjalani perawatan di rumah sakit Medan.

Setelah menjalani perawatan dinyatakan sembuh dan pulang ke Kota Pematangsiantar menjalani isolasi mandiri.

“Dua hari dirawat, ada penyakit penyerta pasien, seperti jantung, asam urat, kolesterol,” kata Daniel. Son/Kop.

Editor : Nilson Pakpahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here