Terbaru

Era Adaptasi Baru, Posyandu 23 Kelurahan Mulai Dibuka Kembali di Salatiga

Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah SKM MKes.

KopiPagi SALATIGA : Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di 23 kelurahan di Kota Salatiga mulai dibuka kembali oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, di era adaptasi baru sekarang ini. Hal ini khususnya dengan Posyandu yang mempunyai kelayakan dan sementara hanya untuk balita.

Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah SKM MKes menyatakan, bahwa pembukaan kembali Posyandi di masing-masing kelurahan itu sesuai dengan hasil penilaian yang telah dilakukannya poda bulan Juli 2020 lalu. Dan ini hanya untuk pelayanan balita dan khususnya usia lanjut (lansia) masih harus menunggu perkembangan lagi.

“Posyandu yang sementara kita buka hanya untuk balita, sedangkan untuk lansia masih menunggui perkembangan. Di Kota Salatiga ini ada sebanyak 279 Posyandu ‘balita’ yang tersebar di 23 kelurahan pada empat kecamatan. Masing-masing kelurahan hanya satu posyandu yang dapat membuka kembali pelayannya. ” kata Siti Zuraidah kepada koranpagionline.com, Kamis (06/08/2020).

Terkait masih dibatasinya yang harus membuka pelayanan, Siti menambahkan bahwa hal ini karena Kota Salatiga belum sepenuhnya ‘zona hijau’. Selain itu, dalam pelayanannya nanti, di Posyandu itu harus tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan, akan diberlakukan dengan ketat.

“Yang jelas, kami memulai membuka kembali posyandu dengan protokol kesehatan yang ketat ini, intinya ingin memastikan anak-anak balita kesehatannya tetap terjaga. Dan, yang datang ke Posyandu semuanya harus memakai masker, cuci tangan di lokasi yang disediakan serta tidak membuat kerumunan,” tandasnya. Kop.

Pewarta :
Heru Santoso

Editor :
Mastete Martha

Leave a comment