Terbaru

Pemotongan Hewan Qurban di RW 06 Depok Jaya Gunakan Protokol Kesehatan

Hewan korban Sapi yang hendak disembelih di RW 06 Depok Jaya.

KopiPagi DEPOK : Pemotongan hewan qurban diwilayah RW 06 Kelurahan Depok Jaya berjalan lancar. Pemotongan dilakukan Pihak Dewan Kemakmuran Mesjid At Taqwa bersama satgas Kampung Covid-19 RW setempat.

Pemotongan dilakukan Sabtu pagi (01/08/2020) mulai pukul 08.00 WIB. Demikian keterangan dari Puguh Santoso ketua RW 06 yanag juga ketua Satgas Covid-19.

“Karena status lingkungan RW 06 sudah Kuning. Maka kami perbolehkan DKM mesjid lakukan pemotongan hewan qurban sesuai syariah dengan mengikuti kaidah protokol kesehatan “, jelas Puguh didampingi Joko Setiono ketua harian satgas Covid-19 RW setempat.

Menurut Puguh Santoso pihaknya berupaya memberikan jaminan ketenteraman batin pelaksanaan hewan kurban. Salah satunya memastikan hewan kurban sehat dan layak untuk disembelih.

“Pelaksanaan kegiatan kurban berupa pemotongan, perlu dilakukan persiapan dan penyesuaian standarisasi,” ujar Puguh yang juga memimpin langsung kegiatan pemotongan dihalaman mesjid At Taqwa di wilayah RW 06 Depok Jaya.

Senada dengan Puguh , Joko Setiono ketua harian satgas Covid 19 menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan serta melakukan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan salat Iduladha. Selain itu, panitia juga wajib menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, thermogun, dan mengatur jarak minimal 1,5 meter. Selain itu satgas Covid juga melakukan sterilisasi lokasi Pemotongan. Yakni menutup area disekitar lokasi pemotongan dengan memasang barikade dan spanduk diarea 200 meter persegi.

“Agar tidak ada warga atau masyarakat yang datang menonton. Cukup panitia pemotongan dan para warga yang berkurban, penjagaan area juga dilakukan oleh petugas keamanan lingkungan dan jajaran Pokdakamtibmas,” jelas Joko lebih lanjut.

Dari pantauan lokasi. Pimpinan Pokdarkamtibmas setempat H Mulyadi yang juga ketua RT 04 setempat mengatakan bahwa hewan hewan yang untuk kurban sudah diperiksa oleh tim kesehatan dari Dinas Pertanian Pemkot Depok.

Peran Pokdar dan keamanan lingkungan RW setempat memastikan untuk mengawasi lokasi yang digunakan untuk pemotongan.

Kali ini, tahap pertama Sabtu (01/08/2020) DKM mesjid At Taqwa RW 06 Depok jaya lakukan pemotongan 9 ekor sapi. Direncanakan daging kurban akan dibagikan untuk 500 KK warga dilingkungan setempat. Gat/kop.

Leave a comment