Terbaru

Sambut Idul Adha 1441 H, Polres Salatiga Sembelih 4 Kambing dan & 4 Sapi

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat serahkan sapi untuk kurban.

KopiPagi SALATIGA : Peringatan Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini, Polres Salatiga menyembelih 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing dan hewan kurban tersebut telah dinyatakan sehat dan layak konsumsi oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Penyembelihan langsung dipimpin Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS, Jumat (31/07/2020).

Khususnya peryantaan sehat untuk hewan kurban disampaikan oleh Ketua Tim PDHI Jateng I drh FDH Priyono Teguh Widyatmoko SH yang didampingi dr Meta dan Aris dari Dinas Peternakan Kota Salatiga. Hal ini didasari atas pemeriksaan organ dalam dan daging hewan di Polres Salatiga, disela penyembelihan berlangsung.

Kasubbid Multi Media Bidhumas Polda Jateng AKBP drh FDH Priyono Teguh Widyatmoko SH menyatakan, bahwa dengan pemeriksaan post mortem terhadap hewan kurban secara teliti meliputi pemeriksaan isi rongga perut dan isi rongga dada baik hati, limpa, jantung dan organ lainnya. Hal ini untuk memastikan tidak ada cacing hati maupun penyakit lainnya, setelah sebelumnya juga telah dilaksanakan pemeriksaan ante mortem (pemeriksaan luar) oleh pihaknya.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, bahwa daging hewan kurban yang disembelih di Polres Salatiga dalam kondisi sehat dan layak dikunsumsi oleh masyarakat. Tidak ditemukan adanya cacing maupun penyakit lain yang dapat membahayakan bagi yang mengkonsumsi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS melalui Kasubbag Humas AKP Djoko Lelono SH menyatakan, bahwa Polres Salatiga pada Idul Adha 1441 H Tahun 2020 ini menyembelih 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Semua hewan teersebut dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi oleh masyarakat. Untuk hewan kurban tersebut, tidak seluruhnya disembelih di Polres Salatiga.

“Dua ekor sapi langsung dikirim bagi warga Noborejo Kec Argomulyo dan Pondok Pesantren (Ponpes). Sedang yang 4 ekor kambing juga disalurkan ke ponpes yang ada di Kota Salatiga, langkahnya ini untuk mengurangi adanya kerumunan massa. Bahkan, daging kurban itu nantinya akan dibagikan melalui perwakilan, hal ini guna mewaspadai adanya penularan virus Covid-19,” kata AKP Djoko Lelono kepada koranpagionline.com. kop.

Pewarta :
Heru Santoso

Editor :
Mastete

Leave a comment