Terbaru

Siap Awasi Aset Negara, LSM WRC PANRI Jawa Tengah Diresmikan

Usai diresmikan, pengurus dan perwakilan dari kab/kota berfoto bersama. (Foto : Heru Santoso).

KopiPagi SALATIGA : Satu lagi lembaga swadaya masyarakat (LSM) hadir di Jawa Tengah, yaitu Watch Relation of Corruption (WRC) – Pengawas Aset Negara Republik Indonesia (Panri) Jateng diresmikan.

Pemotongan tumpeng diresmikannya WRC Panri Jateng. (Foto : Heru Saantoso) ;

Peresmian lembaga ini dilakukan di Salatiga, Senin (29/06/2020), dengan dihadiri seluruh anggota WRC Panri Jateng. Usai peresmian, dilanjutkan dengan agenda rapat koordinasi seluruh kabupaten/kota Di Jateng ini.

Divisi Humas WRC-PANRI Jateng Supriyanto menyatakan, bahwa meski baru diresmikan sekarang ini, namun WRC Panri Jateng ini sudah banyak mendapatkan informasi dan temuan akan dugaan-dugaan penyimpangan baik penyimpangan kebijakan anggaran ataupun terkait dengan aset-aset negara. Ini semua dari adanya laporan masyarakat ke WRC Panri Jateng.

“Meski WRC Panri Jateng baru diresmikan sekarang ini, namun sudah banyak menemukan dugaan penyimpangan dari pemerintah. Semua itu masuk dari informasi masyarakat. Untuk WRC Panri Pusat sudah terbentuk sejak tahun 2018,” katanya.

Usai diresmikan, WRC Panri Jateng siap untuk membentuk kepengurusan WRC Panri di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jateng. Hingga sekarang ini dari 35 kabupaten/kota, telah terbentuk kepengurusan di 12 kabupaten/kota Di Jateng ini. Dalam acara peresmian ini, dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang dihadiri seluruh pengurus dan anggota WRC Panri Jateng serta dari 12 kab/kota tersebut.

Sementara itu, Koordinator WRC-PANRI Jateng Muhlison menyatakan, bahwa lembaga WRC Panri Jateng ini siap untuk ikut mengawal aset-aset negara khususnya yang ada di Provinsi Jateng. Aset tersebut yang diduga diselewengkan oleh pejabat atau instansi atau dinas terkait. Bahkan, mempunyai hak untuk meneliti dan menginvestigasi aset-aset negara. Bahkan, WRC Panri Jateng siap untuk melaporkan kepada kepolisian ataupun pihak terkait. Yang selanjutnya tentunya dapat diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Intinya, kami siap untuk mengawasi asset-aset negara, khususnya yang ada di wilayah Jateng, yang diduga diselewengkan. Disini juga akan dilaksanakan rapat koordinasi yang membahas rencana program kerja periode lima tahun kedepan. Untuk sekretariat WRC Panri Jateng, di Klumpit, Keluurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir. Kota Salatiga,” tandas Muhlison didamooingi Sekjen Ahmad Alex Mufid. Her/kop.

Pewarta :  Heru Santoso.

Leave a comment