Terbaru

28 Personil BPBD Kab. Semarang Jalani Rapid Test, Hasilnya Non Reaktif

Petugas BPBD Kab Semarang saat melakukan rapid test.

KopiPagi, UNGARAN – Sebanyak 28 orang personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang yang selama ini bertugas membantu penanganan pencegahan Covid-19, melakukan rapid test, Selasa (09/06/2020). Langkahnya ini dilakukan untuk mengantisipasi resiko penularan virus tersebut.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto menyatakan, bahwa setelah berminggu-minggu bertugas membantu penanganan pencegahan Covid-19 di kabupaten ini, para petugas dari BPBD ini melakukan rapid test Covid-19. Rapid test ini dilakukan dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang. Hasilnya, seluruh personil BPBD dinyatakan non reaktif.

“Setelah dilakukan rapid test kepada 28 personil BPBD ini, ternyata hasilnya adalah non reaktif. Meski hasil ini menggembirakan, namun tetap harus waspada dan berhati-hati. Bahkan, tetap harus patuh pada protokol kesehatan, ini jangan sampai dilupakan. Sebanyak 28 personil BPBD tersebut, selama ini terlibat langsung baik dalam penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) maupun proses pemakaman pasien positif Covid-19. Hingga sekarang ini sudah menangani hingga 10 pasien meninggal dunia hingga pemakaman usai,” jelas Heru Subroto kepada KopiPagi, Selasa (09/06/2020).

Ditambahkan, bahwa yang terakhir ditangani adalah pemakaman pasien positif Covid-19 dari RSUP dr Kariadi Semarang di TPU besar di Ungaran, Kab Semarang. Bahkan, mereka juga melaksanakan penyemprotan disinfektan di wilayah yang berpotensi penularan Covid-19. Rapid test yang dilakukan ini merupakan salah satu langkah pencegahan serta dari sini kesehatan para petugas BPBD khususnya tetap terpantau kesehatannya dengan baik.

Selain mengikuti rapid test, petugas BPBD juga secara rutin diberikan asupan suplemen vitamin serta makanan bergizi tinggi. Ini bertujuan, agar para petugas BPBD tetap tangguh dan memiliki imunitas tubuh yang tinggi. Pasalnya, mereka itulah telah bekerja keras tidak mengenal waktu, sehingga tenaganya benar-benar terkuras dalam penanganan pencegahan Covid-19.

“Bersamaan ini, kami juga sampaikan terima kasih kepada PT Nusantara Rindu Abadi Pesona, Bawen, Kab Semarang yang telah memberikan bantuan berupa instalasi cuci tangan portabel. Instalasi ini dilengkapi dengan tandon air dengan kapasitas 550 liter. Dan ditempatkan di posko terpadu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kompleks Kantor BPBD Ungaran. Harapannya, alat bantuan ini semakin meningkatkan disiplin para personel BPBD,” tandasnya. Kop.

Pewarta : Heru Santoso.

Leave a comment