Beranda REGIONAL Rapid Test Bagi 50 Pedagang Pasar Projo Ambarawa, Hasilnya Non Reaktif

Rapid Test Bagi 50 Pedagang Pasar Projo Ambarawa, Hasilnya Non Reaktif

459
0

KopiOnline UNGARAN, – Tidak kurang 50 orang baik pedagang maupun pengunjung Pasar Projo Ambarawa, Kab Semarang di rapid test, Senin (08/06/2020) pagi. Dari hasil rapid test tersebut, mereka semua non reaktif atau negatif Covid-19. Test dilakukan petugas medis dari Dinas Kesehatan Kab Semarang dan Puskesmas Ambarawa, yang dipimpin Kepala Puskesmas Dokter Dian Ari Puspitaloka.

“Sebanyak 50 orang yang kita sampel ini dari pedagang dan pengunjung Pasar Projo. Rapid test ini baru pertama kalinya dan dari hasilnya, semuanya non reaktif atau negatif Covid-19. Intinya, rapid test ini dilakukan, sebagai salah satu pencegahan penyebaran Covid-19. Melihat antusiasme para pedagang menjalani rapid test ini, dinilainya kesadarannya sangat tinggi,” kata Dokter Dian Ari kepada koranpagionline.com, Senin (08/06/2020).

Kepala (Lurah) Pasar Projo, Sugeng menyatakan bahwa pedagang dan pengunjung yang di rapid test ini diambil secara acak. Dan sebelumnya mereka tidak mengetahui jika akan ada rapid test di Pasar Projo Ambarawa ini. Ini sengaja tidak diberitahukan terlebih dulu, karena menghindari adanya rasa ketakutan pedagang di rapid test. Langkah ini sangat bagus, karena untuk mengetahui sejak dini akan terjangkit Covid-19.

“Sebelumnya para pedagang ini tidak tahu jika aka nada rapid test di Pasar Projo ini. Harapan kami, para pedagang maupun pengunjung pasar disini, wajib mentaati protokol kesehaatan. Jumlah semua pedagang di Pasar Projo ini ada 1.200 pedagang, masing-masing pedagang Pasar Pagi ada 400 orang dan pedagang tetap Pasar Projo ada 800 orang,” ujar Sugeng.

Muspika Ambarawa saat melihat langsung rapid test.

Sementara, Lurah Kupang Suryandaru mengatakan, baahwa rapid test bagi para pedagang di Pasar Projo ini memang perlu dilakukan dan penting. Langkah ini paling tidak dapat untuk mengetahui apakah pedagang itu reaktif atau tidak akan Covid-19. Jika memang reaktif positif maka harus segera menjalani karantina. Para pedagang di Pasar Projo ini, dinilainya tinggi kesadaran dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Terbukti dengan banyaknya yang akan mengikuti rapid test. Namun, karena memang sampelnya diambil 50 orang, maka yang lain tidak di rapid test.

“Himbauan saya, untuk seluruh pedagang maupun masyarakat secara umum di wilayah Kelurahan Kupang, untuk wajib mentaati protokol kesehatan. Bahkan, harus tetap pula melakukan gerakan hidup bersih, Dari sini, akan lebih mudah mematahkan penyebaran Covid-19,” tandas Suryandaru.

Dalam rapid test di Pasar Projo ini, nampak hadir melihat langsung test adalah Camat Ambarawa Suharnoto, Kapolsek Iptu Komang K, Danramil Kapten Romdani, Lurah Kupang Suryandaru, Lurah Pasar Projo Sugeng, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kupang. Bersamaan rapid test di Pasar Projo Ambarawa, digelar hal yang sama di Pasar Suruh dan Pasar Kembangsari Tengaran. Sehari sebelumnya, digelar di Pasar Babadan Ungaran, Pasar Karangjati Klepu, Pasar Harjosari Bawen dan di Pasar Bringin. Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here