Beranda NASIONAL Presiden Tinjau Kesiapan Prosedur Kenormalan Baru di Masjid Baiturrahim

Presiden Tinjau Kesiapan Prosedur Kenormalan Baru di Masjid Baiturrahim

172
0

KopiOnline JAKARTA,– Presiden Joko Widodo masih terus meninjau sarana ibadah.dalam menerapkan prosedur kenormalan baru. Kali ini Presiden meninjau kesiapan Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (04/06/2020), pagi.

“Pagi hari ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di Istana ini dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru, untuk nantinya segera bisa kita pakai untuk salat berjemaah maupun salat sendiri,” kata Presiden.

”Saya sudah lihat sendiri, ruangan dalam masjid sudah ditata, dan juga sudah dibersihkan dengan disinfektan. Nantinya, apabila Salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid-masjid, maka Masjid Baiturrahim juga sudah siap untuk digunakan bersama-sama untuk menunaikan Salat Jumat, salat wajib berjamaah, atau sendiri”.

Didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden memeriksa sejumlah persiapan masjid tersebut, seperti penandaan jaga jarak antarjemaah sekitar dua meter di dalam masjid, juga pembersihan lingkungan masjid dengan disinfektan.

“Kita harapkan nanti apabila salat Jumat sudah dimulai lagi di Masjid Baiturrahim ini betul-betul sudah siap melaksanakan tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru,” tuturnya.

Ia menambahkan, masjid yang memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 750 jemaah tersebut nantinya untuk sementara waktu akan dibatasi menjadi kurang lebih 150 jemaah.

Sementara Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menjelaskan bahwa masjid yang memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 750 jemaah tersebut nantinya untuk sementara waktu akan dibatasi menjadi kurang lebih 150 jemaah. Untuk itu pihaknya juga menyiapkan beberapa tempat lain yang dapat digunakan untuk menjalankan ibadah salat Jumat.

“Di lingkungan Istana (Jakarta) salat Jumat disiapkan di empat tempat. Di Masjid Baiturrahim, Gedung 1 Setneg, Gedung 3 Setneg, dan satu lagi di Gedung Krida Bhakti. Di (Istana) Bogor juga kita siapkan seperti ini,” ucapnya.

Selain itu, di sejumlah titik di sekitar lokasi masjid turut disediakan sarana cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer dan tisu antiseptik yang dapat digunakan para jemaah.

Pagi ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dalam rangka persiapan menuju ke sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru. Otn/set/kop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here