Beranda NASIONAL Kemendes PDTT Sidak Penyaluran BLT-DD di Desa Margalaksana Bandung

Kemendes PDTT Sidak Penyaluran BLT-DD di Desa Margalaksana Bandung

191
0

KopiOnline Bandung,- Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) mewakili Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) gelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (29/05/2020).

Taufik Madjid selaku Direktur Jenderal PPMD mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang juga di dampingi Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Taufik Madjid selaku Direktur Jenderal PPMD mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang juga di dampingi Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Taufik Madjid sangat mengapresiasi pada proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Desa yang menaungi tiga dusun ini.

“Hasil tinjauan pelaksanaan penyaluran BLT Desa hari ini, Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan yang membanggakan, adalah proses distribusi BLT Desa ini mematuhi kebijakan yang sudah diterbitkan oleh Kemendes PDTT,” ujar Taufik.

Proses penyaluran BLT Desa tahap pertama di desa Margalaksana dibagi menjadi tiga waktu pelaksanaan. Pertama pukul 09.00, kedua pukul 12.00, dan yang ketiga pukul 15.00 WIB.

“Penyaluran di desa ini luar biasa, memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Mulai dari cek suhu badan, penyediaan hand sanitizer juga menerapkan physical distancing, dan calon penerima BLT Desa menggunakan masker,” kata Taufik.

Penyaluran BLT Desa di desa Margalaksana ini, Lanjut Taufik, juga mendapatkan apresiasi dari Menko PMK karena mematuhi protokol kesehatan juga transparan.

“Nama-nama penerima BLT Desa dipublikasikan, lalu diperiksa di absen dicek lagi satu-satu kebenaran data baik KTP maupun tanda kependudukan calon penerima. Setelah itu baru menerima BLT Desa sejumlah Rp 600.000 per bulan,” ucapnya.

“Ini menjadi catatan penting dari Pak Menko PMK, beliau meminta agar penyaluran BLT Desa di desa Margalaksana ini menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” tambah Taufik.

Sebagai informasi, Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa per 27 Mei 2020 mencapai 49.416 desa. Ini sama dengan 78 persen dari 63.613 desa yang sudah mendapat dana desa. Warga miskin yang mendapat penyaluran BLT dana desa 5.248.404 keluarga, naik 256.379 KPM dari Selasa (26/5). Sedang nilai BLT DD yang disalurkan Rp 3.149.042.400.000, naik Rp 153.827.400.000 dari Selasa (26/05/2020). Gat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here